4 Fakta Menarik Tentang Koneksi 5G Terbaru

News - 4 March 2019 - by RackH
4 Fakta Menarik Tentang Koneksi 5G Terbaru

Perkembangan teknologi terutama semakin lama semakin tidak terbendung, salah satu teknologi yang tidak pernah mati adalah internet. Jika dahulu kita masih berkomunikasi menggunakan pesan singkat SMS dan telepon lalu kemudian muncul teknologi 3G mulai mengubah cara kita berkomunikasi lalu sekarang sudah ada teknologi 4G yang semakin memudahkan kita dalam mencari informasi dan berkomunikasi. Namun tahukah anda dengan jaringan 5G yang sedang dikembangkan belakangan ini?

Diperkirakan jaringan 5G akan masuk ke Indonesia pada tahun 2020. Meskipun masih lama, namun banyak yang tidak sabar untuk mencoba teknologi terbaru dari bidang internet ini. Lalu apa saja fakta yang harus anda ketahui mengenai jaringan 5G ini? Simak penjelasannya.

Sudah dilakukan uji coba di Indonesia

Teknologi 5G kabarnya sudah dilakukan uji coba di Indonesia, uji coba 5G ini dilakukan oleh salah satu provider internet di Indonesia dengan cara menerapkannya kedalam IoT (internet of thing). Uji coba tersebut sekaligus menjadi penanda dimulainya penerapan teknologi 5G di Indonesia.

Korea Selatan telah telebih dahulu menggunakan 5G

Salah satu negara dengan koneksi internet tercepat di dunia yaitu Korea Selatan ternyata sudah terlebih dahulu menggunakan teknologi 5G dibanding negara-negara lain. Tentu tidak mengherankan karena memang Korea Selatan terkenal dengan inovasi di dunia teknologi terutama internet. Salah satu perusahaan yang sudah mulai menerapkan teknologi 5G adalah perusahaan raksasa Samsung. Pada varian smartphone yang baru saja di rilis, samsung menyematkan teknologi 5G sehingga nantinya pengguna bisa memasang kartu seluler 5G.

Teknologi 5G Juga Punya Kekurangan

Meskipun teknologi membawa peningkatan jaringan internet, namun tentu saja 5G tidak akan terlepas dari kekurangan, mengingat teknologi ini masih sangat baru dan belum digunakan oleh banyak negara. Beberapa kekurangan yang ada pada teknologi 5G diantaranya adalah sulitnya mengembangkan infrastruktur karena membutuhkan biaya tinggi, jangkauan yang belum luas seperti sekarang dan juga privasi yang belum aman. Namun tentu lama-kelamaan teknologi ini akan diadaptasi oleh seluruh dunia.

Punya kecepatan 50 kali lebih cepat dibanding 4G

Seperti yang diketahui bersama, penyebaran koneksi 4G di Indonesia masih belum merata, namun ternyata sekarang sudah ada penerusnya yaitu 5G. Diperkirakan kecepatan yang ada pada koneksi 5G bisa tembus 50 kali lebih cepat dibandingkan dengan koneksi 4G. Hal ini dibuktikan ketika uji coba yang dilakukan oleh salah satu provider internet dimana koneksi 5G bisa tembus sampai 16Gbps (Gigabit Per Second).

Artikel yang menarik untuk dibaca

© 2019 PT RackH Lintas Asia

© 2019 PT RackH Lintas Asia