5 Bahaya Saat Menggunakan Aplikasi VPN Gratis di Android

5 Bahaya Saat Menggunakan Aplikasi VPN Gratis di Android

Belakangan ini VPN sedang hangat-hangatnya diperbincangkan oleh masyarakat, alasannya karena pemerintah melakukan pembatasan terhadap media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan Instagram. Alasannya agar mencegah penyebaran berita hoax ditengah-tengah demo yang terjadi mulai tanggal 21 Mei 2019. Akses yang dibatasi oleh pemerintah adalah pembatasan pengiriman media seperti gambar dan video.

Baca juga: 7 Aplikasi VPN Gratis Terbaik di Android 2019

Oleh karena itu, berbondong-bondong masyarakat menggunakan VPN agar dapat mengakses media sosial dengan bebas tanpa ada batasan. Namun tahukah anda jika penggunaan aplikasi VPN gratis dapat menimbulkan banyak masalah terutama pencurian data? Berikut kami berikan 5 bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan aplikasi VPN gratis di Android.

1. Pencurian data pribadi

Seperti yang diketahui, saat menggunakan VPN, jaringan internet anda akan disamarkan, ip internet anda akan berubah, misalnya anda sedang mengakses internet di Indonesia, namun dengan VPN ip address anda akan berubah ke negara lain misalnya Singapura. Aplikasi VPN akan merekam setiap kegiatan lalu lintas data yang terjadi di perangkat Android anda. Data-data ini bisa saja dimanfaatkan oleh pemiliki aplikasi VPN tersebut untuk dijual, dicuri atau dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang sangat merugikan.

2. Penipuan

Karena data anda sudah dicuri dan dimanfaatkan untuk kepentingan jahat oleh pemilik aplikasi VPN, maka anda akan rentan terhadap penipuan. Misalnya anda tiba-tiba bisa mendapatkan email yang berisi pemenang hadiah undian, padahal itu adalah penipuan. Oleh karena itu berhati-hatilah saat menggunakan aplikasi VPN gratis di Android.

Baca juga: Digital Marketing Tutorial

3. Bisa membuat smartphone Android menjadi lelet

Salah satu dampak yang akan terasa saat anda menggunakan aplikasi VPN gratis di Android adalah perangkat smartphone anda akan menjadi lelet atau lambat. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini, diantaranya karena aplikasi VPN yang terlalu memakan resource ram pada Smartphone Android anda atau yang paling parah karena Android anda disusupi oleh aplikasi jahat akibat penggunaan VPN.

4. Koneksi internet menjadi lambat

Dampak lain yang akan terjadi jika anda menggunakan aplikasi VPN gratis di Android adalah koneksi internet anda akan menjadi lambat. Tentu saja ini akan sangat menjengkelkan apalagi jika anda sedang menggunakan internet untuk bermain game atau melihat video. Lambatnya koneksi internet bisa terjadi karena internet anda harus menggunakan VPN dimana server VPN tersebut berada di luar negeri dan jauh dari negara kita, selain itu juga dengan menggunakan VPN artinya menambah jalur lalu lintas internet baru, semakin banyak jalur lalu lintas baru maka semakin lambat koneksi untuk mengakses internet.

5. Mencuri Bandwidth Internet Anda

Dan dampak negatif terakhir yang sangat membahayakan adalah aplikasi VPN gratis di Android akan mencuri bandwidth internet anda lalu kemudian menjualnya untuk kepentingan ilegal. Salah satu penyedia aplikasi VPN gratis di Android yaitu Hola VPN. Dalam ketentuan penggunaan, Hola VPN secara terang-terangan menjelaskan jika mereka akan mengambil data bandwidth anda untuk pihak ketiga.

Salah satu artikel luar negeri menjelaskan jika Hola VPN memanfaatkan bandwidth penggunanya untuk dijual kepada Botnets: Popular Chrome extension Hola sold users’ bandwidth for botnets.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika bandwidth anda digunakan untuk kepentingan ilegal seperti pencurian kartu kredit atau penipuan lainnya. Oleh karena itu, hindari menggunakan aplikasi VPN gratis di Android maupun di komputer anda.

Itu tadi adalah bahaya yang akan terjadi jika anda menggunakan aplikasi VPN gratis di Android. Taatilah kebijakan yang ditetapkan pemerintah agar anda selalu aman. Jangan lupa juga jika ingin berlangganan internet unlimited tanpa batas hanya di internetcepat.id!