5 Macam Search Engine Yang Sering Dipakai Beserta Penjelasannya

Promo - 22 January 2019 - by RackH
5 Jenis Search Engine Yang Sering Dipakai Beserta Penjelasannya

Perkembangan teknologi yang berjalan dengan cepat membuat pola hidup setiap orang pun berubah, contohnya ketika dahulu seseorang ingin mencari sebuah informasi, maka mereka akan mencarinya melalui surat kabar, tabloid, majalah ataupun buku diperpustakaan. Namun kini semuanya dapat dilakukan hanya dengan melalui perangkat smartphone maupun komputer anda yang terkoneksi dengan internet.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Windows dan Android Dengan Mudah

Adanya perkembangan teknologi termasuk salah satunya internet, membuat setiap orang mampu untuk mendapatkan referensi dengan cara yang jauh lebih mudah dan lebih cepat karena bisa mencarinya di search engine. Pengguna internet cukup mencari kata yang diinginkan dengan mengetikkannya di kolom pencarian search engine, kemudian hasilnya akan muncul dalam beberapa detik saja.

Apa sebenarnya search engine itu? Banyak orang mungkin hanya mengatahui jika search engine itu adalah Google, padahal masih banyak peyedia layanan mesin pencari atau search engine yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna internet. Mulai dari search engine yang mengutamakan privasi penggunanya hingga search engine yang dahulu menjadi pilihan utama namun sekarang meredup dan sudah ditinggalkan. Lalu apa sebenarnya search engine?

Baca juga: Trik Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android dan PC

Apa itu search engine?

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah sistem atau software yang dirancang untuk memudahkan setiap pengguna internet mencari berbagai sumber informasi yang ada didalam internet. Biasanya informasi tersebut disimpan dalam WWW (World Wide Web), FTP (File Tranfer Protocol) dan mailing list didalam sebuah server. Nantinya, search engine akan merayapi (crawling) seluruh WWW dan hasil crawling tersebut akan ditampilkan kedalam hasil pencarian ketika anda mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian atau lebih dikenal dengan SERP (Search Engine Result Page). Setiap search engine memiliki algoritma tersendiri dalam memilih konten atau hasil pencarian, oleh karena itu terkadang hasil pencarian dari satu search engine akan berbeda dengan search engine lain.

Jenis-jenis search engine beserta penjelasannya

1. Google (google.com)

Search engine pertama yang paling sering digunakan adalah Google. Siapa yang tidak kenal dengan Google? Google adalah search engine yang paling terkenal didunia, dengan penggunaan tertinggi dibandingkan search engine lain, Google dikenal sebagai “King Of Internet”, banyak orang yang bergantung dengan Google karena kemudahan dan hasil pencariannya yang paling relevan dengan search engine lain.

Baca juga: Tips Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Anda dapat mencari gambar, website, file untuk didownload, ataupun mencari topik terhangat yang sedang terjadi. Google merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google tidak hanya menjadi penyedia layanan search engine, namun juga memiliki berbagai produk yang digunakan oleh seluruh orang di dunia, mulai dari Gmail, Youtube, Blogger, Google Translate dan lainnya.

2. DuckDuckGo (duckduckgo.com)

DuckDuckGo mungkin masih terdengar sedikit asing ditelinga pengguna internet, namun search engine ini berbeda dengan yang lain, pasalnya search engine Duck-Duck Go adalah salah satu search engine yang terkenal sebagai search engine yang tidak merekam kegiatan yang anda lakukan saat menggunakan search engine tersebut, berbeda dengan search engine lain terutama Google, dimana search engine lain akan merekam berbagai aktifitas yang anda lakukan saat menjelajahi internet menggunakan search engine miliknya. Oleh karena itu, Duck-Duck Go lebih dikenal oleh kalangan pegiat privasi data pengguna saat berselancar di internet.

3. Bing (bing.com)

Bing adalah search engine milik Microsoft. Jika anda adalah pengguna Sistem Operasi Windows, tentu anda tidak akan asing dengan Bing, pasalnya Bing merupakan search engine bawaan yang ada pada Internet Explorer dan Edge Browser. Bing merupakan produk reinkarnasi yang dibuat oleh Microsoft terhadap mesin pencari miliknya terlebih dahulu seperti Live Search, Windows Live Search dan MSN Search.

Baca juga: Cara berlangganan Internet Provider Terbaik sesuai kebutuhan

4. Yahoo! (yahoo.com)

Yahoo! merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Yahoo! merupakan perusahaan multinasional yang berasal dari Amerika Serikat. Yahoo! didirikan oleh Jery Yang dan David Filo. Mirip dengan Google, yahoo juga memiliki layanan email gratis bernama Yahoo Mail! Selain itu, pengguna Yahoo bisa melakukan pencarian berbagai macam kategori mulai dari website, gambar, berita, video dan juga melakukan tanya jawab kepada pengguna internet lainnya.

5. Ask (ask.com)

Ask.com adalah search engine yang juga tidak kalah populer dibanding dengan empat list search engine diatas. Pasalnya, Ask.com juga banyak digunakan oleh pengguna internet. Ask.com didirkan oleh Garret Grauener dan David Warthen pada tahun 1996. Pada awalnya, Ask.com bernama Ask Jeeves, Jeever merupakan nama dari pelayan yang bertugas untuk memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan. Hal tersebut juga membuat Ask.com memiliki fitur pertanyaan mirip dengan yang diterapkan oleh Yahoo!

Baca juga: Belajar SEO Murah dan Rahasia Dasar SEO yang paling penting

Itu tadi adalah 5 search engine yang paling sering digunakan beserta dengan penjelasannya. Jika sebelumnya anda belum pernah mencoba menggunakan search engine Google, maka Anda dapat mencoba menggunakan search engine yang lain untuk merasakan sesuatu yang baru. Selamat mencoba!

Artikel yang menarik untuk dibaca

© 2019 PT RackH Lintas Asia

© 2019 PT RackH Lintas Asia