Cara Memanfaatkan Internet Untuk Mendapatkan Uang Di Bulan Ramadhan

Cara Memanfaatkan Internet Untuk Mendapatkan Uang Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan sudah datang, bagi umat beragama muslim, puasa selama satu bulan penuh adalah kewajiban yang harus dilakukan. Ada fenomena unik yang bisa kita temukan disetiap bulan Ramadhan, yaitu mudik lebaran dan fenomena pedagang dadakan di bulan Ramadhan. Kedua hal akan selalu kita temukan di bulan Ramadhan apalagi pedagang dadakan, biasanya akan muncul seminggu menjelang datangnya Ramadhan.

Baca juga: 7 Bisnis Online Yang Menjanjikan Untuk Dicoba 2019

Tentu saja ada alasan mengapa pada saat bulan Ramadhan ada banyak pedagang dadakan. Alasannya karena biasanya pada saat Ramadhan, masyarakat cenderung lebih konsumtif dalam berbelanja, baik itu makanan maupun pakaian. Oleh karena itu anda juga bisa memanfaatkan waktu dibulan Ramadhan untuk mendapatkan uang meskipun anda tidak punya waktu karena berstatus sebagai pegawai, anda masih bisa mendapatkan uang di bulan Ramadhan dari internet. Lalu bagaimana caranya? Berikut tipsnya.

Cara mendapatkan uang dari internet

Ada beberapa tips yang harus anda lakukan untuk sukses mendapatkan uang dari internet dengan cara berjualan. Agar produk jualan anda bisa menarik banyak pembeli maka berikut adalah caranya.

1. Jual barang dengan harga bersaing

Jual barang online artinya anda harus bisa siap bersaing dengan puluhan bahkan ratusan penjual yang memiliki produk serupa dengan milik anda. Untuk bisa bersaing dengan penjual lain, anda harus bisa menentukan harga produk yang bersaing, jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Anda bisa memberikan potongan harga dikondisi tertentu misalnya ketika menjelang lebaran, dengan begitu akan banyak pelanggan yang membeli barang anda.

2. Pasarkan barang anda dari media sosial

Media sosial adalah alat yang paling ampuh untuk digunakan sebagai tempat pemasaran produk, kamu wajib memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jualan kamu. Tentukan waktu yang tepat agar postingan pada media sosial bisa mendapatkan engagement yang baik. Misalnya jika anda berjualan makanan berbuka maka anda bisa memposting jualan anda pada siang hari.

3. Gunakan ecommerce atau marketplace

Anda juga bisa mengandalkan marketplace yang tersedia untuk mempromosikan produk anda, bahkan banyak pembeli yang memang menggunakan marketplace agar lebih mudah memilih barang yang akan dibelinya.

Baca juga: Cara Buat Email Baru Gmail, Yahoo dan Outlook Gratis 2019

4. Gunakan gambar dan deskripsi produk yang menarik

Agar produk anda banyak dibeli, anda harus memberikan deskripsi produk dan gambar yang jelas. Pembeli akan jadi lebih tertarik untuk membeli produk jualan anda jika gambar yang digunakan bagus dan bisa menarik orang-orang.

Usaha yang bisa anda coba di bulan Ramadhan

Setelah mengetahui tips apa saja yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan terutama usaha dari internet. Berikut ini adalah beberapa usaha rumahan dibulan Ramadhan yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang. Apa saja? Mari simak.

1. Jual takjil untuk berbuka puasa

Takjil adalah salah satu yang paling diburu orang-orang sebelum buka puasa. Makanan manis seperti kolak, gorengan, es buah, es kelapa dan berbagai makanan manis lainnya selalu habis terjual saat bulan Ramadhan, anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan ikut berjualan takjil untuk buka puasa. Jika anda tidak bisa membuatnya sendiri, anda bisa menjadi reseller dengan menjual takjil milik orang lain dengan harga yang sedikit lebih mahal. Manfaatkan internet untuk promosi dengan menggunakan media sosial Facebook dan Instagram atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp agar jualan anda bisa diketahui orang banyak.

2. Jualan buah-buahan

Selain menu takjil yang serba manis, buah-buahan juga menjadi salah satu alternatif yang sering dicari orang-orang. Buah-buahan dapat dijadikan alternatif pengganti nutrisi yang hilang saat berpuasa, selain itu juga tidak seperti takjil, buah-buahan sangat menyehatkan. Anda bisa berjualan buah-buahan dalam bentuk utuh atau menjadikannya salad buah. Buah-buahan tersebut dapat anda beli dipasar atau menjadi reseller, jangan lupa juga jika anda bisa menawarkan jualan anda melalui media sosial.

Baca juga: Internetcepat.id Provider Internet Kantor Terbaik Di Jakarta

3. Jual makanan buka puasa

Jika anda punya banyak ide, maka anda bisa mencoba menjual menu buka puasa yang lain dari biasanya. Anda bisa mencoba membuat rice box dengan menu yang kekinian. Misalnya ricebox ayam geprek, rice box ikan dendeng dan lainnya. Untuk masalah harga, pastikan cocok di kantong mahasiswa dijamin pasti akan laris manis. Selain itu anda juga bisa mencoba membuka layanan katering dengan membuat paket nasi, sayur lauk dan buah untuk berubuka puasa. Ini sangat cocot bagi pekerja yang tidak sempat memasak atau mahasiswa yang tinggal di kost.

Baca juga: 20+ Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Tahun 2019

4. Jualan kue kering

Menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasanya orang-orang akan mencari kue untuk disediakan saat acara saling berkunjung bermaaf-maafan dan berkumpul dengan keluarga. Anda bisa mendapatkan uang dengan berjualan kue kering di bulan Ramadhan, jika anda tidak mengerti cara membuat kue kering cobalah cari pemasok kue kering lalu kemudian anda jual kembali. Selain berjualan secara offline, membuat website jualan kue kering juga akan membantu meningkatkan omset penjualan. Jika orang mencari kue kering di google dan muncul website anda, maka mereka akan membelinya dan semakin banyak orang mengunjungi website anda, semakin besar juga kemungkinan mereka akan membeli kue kering dari anda.

5. Menjual parcel untuk lebaran

Memberikan bikisan kepada keluarga, teman atau tetangga merupakan budaya yang selalu dilakukan saat menjelang lebaran. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuat parcel dan menjualnya untuk keperluan lebaran. Bahkan usaha ini bisa anda jalankan tanpa modal! Anda dapat menyesuaikan parcel dengan budget yang diberikan oleh pembeli.

6. Jualan baju muslim dan perlengkapan ibadah

Berjualan baju muslim atau busana muslim juga sebuah peluang untuk mendapatkan uang di bulan ramadhan. Orang-orang akan berlomba untuk mempercantik diri dengan menggunakan baju muslim baru. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjual busana muslim, mulai dari sistem dropship, pre-order atau anda membeli stok lalu dijual. Semuanya tergantung pada diri anda, jika anda punya modal yang cukup, cobalah untuk membeli stok lalu menjualnya karena biasanya selisih harga modal dengan harga jual akan berbeda sehingga keuntungan anda akan semakin besar. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial dan website untuk mempromosikannya. Akan lebih baik jika anda membuat website toko online untuk jualan busana muslim.

8. Jasa titip (jastip)

Saat ini jasa titip sudah menjadi salah satu jasa yang menjamur di kalangan masyarakat, hal ini bisa terjadi karena kesibukan orang-orang sehingga tidak bisa menyempatkan diri untuk membeli barang yang dia inginkan. Anda dapat membuka layanan jasa titip untuk membelikan barang atau produk di mall. Selain bisa mendapatkan uang tambahan, juga bisa dijadikan waktu ngabuburit menunggu waktu berbuka.

Itu tadi adalah cara mendapatkan uang di bulan ramadhan. Anda bisa memanfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan produk yang sedang anda jual. Dengan internet semua menjadi lebih mudah. Jika anda masih menggunakan internet yang lelet dan sering gangguan, silahkan coba internetcepat.iddari RackH, layanan internet yang memberikan jaminan unlimited kuota bagi anda.