Trik Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android dan PC

Trik cara mempercepat koneksi internet android dan pc

Saat sedang asyik berselancar di internet, bermain game, menonton video di YouTube namun tiba-tiba akses internet anda menjadi lambat tentu saja hal tersebut sangatlah menyebalkan. Bayangkan saja ketika anda sedang asik menyaksikan drama korea namun tiba-tiba terhenti karena koneksi internet yang menjadi lemot, tentu anda akan sangat kesal. Untuk itu anda harus mengetahui trik cara mempercepat koneksi internet baik di android maupun di PC.

Baca juga: Cara Membuat Email Baru Gmail Terlengkap 2019

Kecepatan internet sangatlah dibutuhkan oleh setiap pengguna gadget baik ponsel android, iphone maupun pengguna PC. Dengan kecepataan internet yang stabil dan cepat maka semua kegiatan didalam internet dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab lemotnya internet anda, mulai dari banyaknya aplikasi berjalan dibelakang layar yang menguras data internet anda, jaringan internet yang jelek atau mungkin karena anda salah memilih provider Internet untuk gadget anda. Lalu bagaimana sebenarnya cara mempercepat koneksi internet anda agar bisa berselancar di internet dengan tenang? Untuk mengetahuinya silahkan simak trik cara mempercepat koneksi internet di smartphone maupun PC.

Baca juga: Provider Internet Terbaik Di Kota Medan

Gunakan adblock untuk memblokir iklan

Adblock Plus via Chrome Web Store

Sering kali ketika berselacar di internet anda menemukan iklan yang sangat menjengkelkan. Baik itu iklan yang menutupi hampir seluruh isi dari halaman web maupun iklan pop-up yang selalu muncul ketika anda ingin berpindah kehalaman web lain. Tahukah anda jika iklan tersebut dapat mempengaruhi internet anda karena ketika anda membuka sebuah halaman yang berisi dengan iklan, maka secara tidak langsung anda juga ikut mengunduh atau memuat data dari iklan tersebut. Oleh karena itu cara pertama untuk mempercepat koneksi internet anda adalah dengan menggunakan adblock. Ada banyak cara untuk menggunakan adblock, jika anda adalah pengguna ponsel Android, maka anda dapat menggunakan aplikasi web browser yang sudah disertai dengan Adblock seperti Opera, UC Browser dan Brave.

Baca juga: Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia 2019

Sementara itu jika anda adalah pengguna perangkat PC atau komputer, maka anda dapat menggunakan Add-ons “Adblock Plus” melalui halaman Chrome Web Store maupun Firefox Add-ons. Dengan menggunakan Adblock, maka anda akan terbebas dari iklan-iklan yang mengganggu ketika membuka sebuah halaman web. Selain itu tanpa adanya iklan yang mengganggu maka kecepatan internet anda akan terus stabil.

Gunakan koneksi internet 4G

Salah satu cara efektif untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan koneksi internet 4G. Jika internet anda tidak stabil, biasanya jaringan akan otomatis berubah menjadi 3G, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat memaksa ponsel android anda untuk terus menggunakan koneksi 4G dengan cara mengaturnya di Pengaturan > Mobile Network > Prefered Network Type > Pilih 4G Only. Jika anda dalah pengguna laptop atau komputer maka anda dapat mengatur jaringan melalui perangkat modem yang anda gunakan.

Baca juga: Paket Internet Rumah Murah Unlimited, Internet Bisnis

Bersihkan cache android atau komputer

Trik selanjutnya untuk mempercepat koneksi internet anda adalah dengan membersihkan seluruh sampah yang ada didalam perangkat anda. Banyaknya file sampah atau cache yang tersimpan didalam perangkat anda akan membuat perangkat berjalan lambat karena kepenuhan memory. Untuk mengatasi hal tersebut dan mempercepat koneksi internet, anda harus membersihkan cache yang ada. Anda dapat membersihkan cache yang ada didalam android anda menggunakan aplikasi seperti Clean Master, sebaliknya jika anda adalah pengguna laptop atau komputer windows maka anda dapat melakukan pengecekan terhadap perangkat keras anda melalui defrag maupun clean up. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membersihkan komputer anda, mulai dari aplikasi bawaa hingga aplikasi pihak ketiga seperti EASUS Disk clean up.

Gunakan VPN

Salah satu penyedia layanan VPN

Virtual Private Network atau yang biasa dikenal sebagai VPN adalah sebuah teknologi yang memungkinkan anda untuk terhubung ke Internet tanpa bisa dilacak atau diketahui posisi maupun IP yang anda miliki sehingga anda dapat dengan tenang menggunakan internet tanpa dimata-matai atau dilacak. Selain itu, VPN juga dapat digunakan untuk mempercepat internet, oleh karena itu anda dapat memanfaatkan VPN untuk mempercepat koneksi internet anda.

Baca juga: Internet Service Provider (ISP) Medan yang Cepat dan Murah

Ada banyak penyedia layanan VPN gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mempercepat koneksi internet anda. Jika anda adalah pengguna ponsel Android maka anda dapat menggunakan VPN gratis yang ada didalam Playstore seperti Nord VPN, ExpressVPN atau Hotspot Sheild. Begitu juga bagi anda pengguna komputer atau laptop, anda dapat menggunakan aplikasi VPN sama seperti pada ponsel Android, karena biasanya perusahaan penyedia VPN membuat aplikasi VPN cross-platform atau dapat digunakan oleh semua perangkat.

Baca juga: Jadwal Internsip 2019 dan Cara Memilih Wahana

Ganti provider internet anda

Cara terakhir ini dapat dikatakan sebagai cara paling efektif diantara cara lain yang ada diatas. Ketika koneksi internet anda lemot dan tidak kunjung membaik, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti provider internet ke provider lain yang memiliki koneksi internetcepat tanpa gangguan. Salah satu provider internet terbaik yang memiliki koneksi internet cepat unlimited tanpa batasan adalah Internet Cepat. Sesuai dengan namanya, Internet Cepat memberikan layanan internet terbaik, cepat serta tanpa gangguan seperti provider internet lain. Tidak hanya itu saja, Internetcepat juga berbeda dengan yang lain karena berani memberikan paket internet tanpa ada batasan apapun alias unlimited! Anda dapat menggunakan internet untuk streaming, download ataupun bermain game tanpa takut gangguan ataupun kehabisan kuota. Lalu tunggu apa lagi? Silahkan pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan anda disini.