Koneksi Internet Aman dari Interfensi saat Asian Games 2018

Internet
News - 19 August 2018 - by RackH
Koneksi Internet Aman dari Interfensi

Koneksi Internet Aman dari Interfensi saat Asian Games 2018 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara yang pada hari Sabtu (18/8/2018), memberikan arahan kepada pasukan pengaman spektrum frekuensi radio di Stadion Utama GBK. Arahan ini disampaikan dalam Apel Siaga Pengamanan Spektrum Frekuensi Radio Asian Games .

Pasukan bertugas mengamankan spektrum frekuensi Asian Games, agar terhindar dari interfensi.

Pelaksanaan Asian Games membutuhkan pengamanan spektrum frekuensi radio, yaitu saat acara pembukaan dan penutupan, serta selama pertandingan berlangsung.

Selama pesta olahraga terbesar Asia ini berlangsung Koneksi Internet Aman dari Interfensi, spektrum sangat dibutuhkan untuk komunikasi dan pengiriman data hasil pertandingan (scoring), check poin, penyiaran (broadcasting), dan komunikasi radio lainnya untuk pengamanan.

Rudiantara meminta pasukan pengamanan spektrum frekuensi radio di venue-venue Asian Games 2018 bekerja untuk memastikan segala aktivitas dalam acara terhindar dari interferensi atau gangguan.

Acara pembukaan sendiri akan diadakan pada Sabtu malam. “Nanti malam ada acara besar, yang juga didukung penggunaan spektrum frekuensi besar bagi event organizer, dan juga bagi sarana WiFi yang semuanya perlu diamankan,” tutur Rudiantara saat menyampaikan arahan kepada pasukan pengaman spektrum, di GBK, Sabtu (18/8/2018).

Setiap hari di Stadion Utama GBK akan bertugas 30 orang petugas pengaman spektrum frekuensi radio agar Koneksi Internet Aman dari Interfensi. Rudiantara menegaskan, setiap ada kendala atau gangguan agar segera dilakukan penanganan dan tindakan.

Cara berlangganan Internet Provider Terbaik sesuai kebutuhan

“Tindakannya adalah temu, kenali, dan lakukan penanganan. Interfensi diakibatkan penggunaan radio yang bertabrakan justru bisa mengakibatkan blankspot. Makanya di dalam Stasion Utama ini digunakan WiFi raksasa untuk digunakan pengunjung saat pembukaan nanti malam,” ungkapnya.

Satgas monitoring frekuensi seluler selain dari Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), juga melibatkan petugas dari Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI), Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan operator seluler.

Satgas memetakan dan memantau perangkat di 21 venue cluster Stadion Utama GBK, 6 Suburb Jakarta, dan 11 venue cluster Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang. Venue tersebut merupakan venue prioritas yang telah diberikan ISR sementara, sesuai dengan pengajuan dari INASGOC.

Satgas juga telah menyelesaikan gangguan pada frekuensi 476,775 MHz dan 498,820 MHz yang telah dialokasikan dan diberikan ISR sementara untuk perangkat Opening dan Closing Ceremonies, Asian Games 2018.

Sebelumnya, Kemkominfo juga telah melakukan uji lapangan kesiapan jaringan selular di bandara, hotel, dan area venue, serta rute yang akan dilalui atlet Asian Games ke-18 di Palembang (Sumsel), Jawa Barat, Tangerang, dan Jakarta agar Koneksi Internet Aman dari Interfensi. Kegiatan static test dan mobility/drive test yang berlangsug sejak 8 Juli hingga 27 Juli 2018 itu secara umum menunjukkan hasil rata-rata baik di atas 90%.

Artikel yang menarik untuk dibaca

© 2018 PT RackH Lintas Asia

© 2018 PT RackH Lintas Asia