Naik Hingga 10 Persen, Pengguna Internet Indonesia Tembus Lebih Dari 170 Juta

Dewasa ini, internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Setiap orang memanfaatkan internet untuk mempermudah kehidupannya dalam urusan apapun. Terbukti dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan catatan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) pada tahun 2018 lalu terdapat peningkatan sebesar 10,12 persen pengguna internet di Indonesia, dimana pada tahun sebelumnya pengguna internet ada disekitar angka 143,26 juta jiwa.

Dikutip dari laman ccnindonesia.com, peningkatan penguna internet dilakukan melalui survei dengan melibatkan 5,900 sampel dengan margin of error sebesar 1,28 persen. Berdasarkan survei tersebut, terlihat jika penetrasi pengguna internet di Indonesia tahun 2018 adalah 64,8 persen naik dari 2017 yang berjumlah 54,68 persen.

Menurut APJII, kontribusi terbesar atas tingginya penetrasi internet di Indonesia berasal dari Pulau Jawa dimana angka penetrasi dipulau ini mencapai hingga 55 persen dari total keseluruhan. Sementara itu Pulau Sumatera berada di urutan kedua dengan menyumbang 21 persen.

Meskipun pertumbuhannya tergolong besar, namun masih ada daerah yang kesulitan mendapatkan akses internet. APJII menyebutkan ada 38 persen penduduk yang bukan merupakan pengguna internet.

Dari seluruh pengguna internet yang ada di Indonesia, diketahui mayoritas penggunanya adalah masyarakat yang berada dalam rentang usia 15 hingga 19 tahun. Sehingga dapat dipastikan lebih banyak anak-anak remaja yang mengakses internet. APJII juga menghimbau untuk lebih mengawasi konten-konten yang beredar diinternet agar tidak menjadi dampak buruk terhadap mental anak remaja yang gemar menggunakan internet.