Pengertian Jaringan Komputer, Contoh Dan Fungsi Terlengkap

Pengertian Jaringan Komputer, Contoh Dan Fungsi Terlengkap

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih sistem komputer yang melakukan tugasnya dan saling terhubung satu sama lain. Hubungan yang dilakukan antara satu komputer dan komputer lain bisa punya berbagai bentuk hubungan komunikasi seperti mengirim pesan, berbagi resource hardware seperti CPU, ram dan printer.

Tujuan jaringan komputer adalah agar setiap komputer dalam menerima dan memberikan layanan. Pihak yang menerima layanan pada jaringan komputer disebut sebagai client/klien, sementara pihak yang memberikan layanan kepada client disebut sebagai server/peladen. Sehingga sering kali jaringan disebut dengan sistem client-server.

Fungsi

Berikut ini kami akan menjelaskan berbagai fungsi yang bisa dilakukan oleh jaringan komputer serta jenis-jenis jaringan komputer yang bisa anda ketahui.

Keamanan

Dengan membangun jaringan komputer sendiri maka file atau sumber daya yang ada pada jaringan tersebut tidak akan bisa dimiliki oleh user lain selain yang terkoneksi atau terhubung oleh jaringan yang anda buat. Sehingga file atau sumber daya akan jauh lebih aman.

Biaya

Dengan menggunakan jaringan komputer sebagai bentuk komunikasi, maka anda dapat menghemat biaya karena proses membangun jaringan dengan komputer kecil juga lebih murah daripada menggunakan mainframe.

Kehandalan tinggi

Sumber alternatif dapat tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. Contohnya seperti aplikasi pada sebuah bank, yang mana ketika satu mesin saja tidak bekerja, maka kinerja lainnya dapat terganggu karena sumber mesin satu dengan lainnya adalah sama

Jenis-jenis jaringan komputer

Jaringan LAN

Jaringan komputer ini hanya mencakup wilayah yang relatif kecil, jangkauan antar prosessor hanya dalam radius 10 m sampai 10 km. LAN biasa digunakan pada jaringan komputer di ruangan, kamar, rumah, gedung, sekolah, dan kampus. Teknologi Wi-fi merupakan salah satu contoh LAN yang sering digunakan saat ini. Tempat yang menyediakan teknologi Wi-fi berbasis koneksi LAN disebut denganhotspot. Pada LAN, seorang pengguna dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan perangkat komputer lain dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Jaringan MAN

Jaringan komputer ini mencakup wilayah yang lebih besar, yaitu dalam radius 10 sampai 50 km. Sehingga jaringan ini biasa digunakan dalam sebuah kota, perkantoran, jaringan antar pabirk/instansi dan wilayah pemerintahan dengan kecepatan transfer data yang relatif tinggi.

Jaringan WAN

Jaringan komputer ini mencakup wilayah terbesar, yaitu mencapai 100 hingga 1000 km. Jaringan ini membutuhkan saluran komunikasi publik, sehingga penggunaannya biasa dipakai antar kota, wilayah, negara bahkan mencakup sebuah benua. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer lokal dengan jaringan komputer lokal yang lainnya pada lokasi yang berbeda.

Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang terluas, yaitu dengan jarak antar prosessor mencapai 10.000 km, dan jaringan ini dapat bekerja antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam satu planet.