9 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Windows dan Android Dengan Mudah

cara menghemat kuota internet termudah

Internet perlahan-lahan mulai masuk kedalam setiap sendi kehidupan manusia. Sama seperti makanan, internet sudah dianggap sebagai kebutuhan hidup setiap orang didunia, hal ini terjadi karena banyaknya orang yang memanfaatkan kelebihan internet dalam berbagai bidang. Mulai dari mencari tugas kuliah, bermain sosial media, menulis blog, berjualan di toko online, atau sekedar streaming video di Youtube. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan internet, tentu saja kemudahan ini membuat pertumbuhan pengguna internet baik itu di Indonesia maupun di seluruh dunia meningkat.

Baca juga: Internet Murah Unlimited tanpa Quota di Tahun 2018

Untuk bisa menggunakan internet, anda diharuskan memiliki kuota data internet. Untuk memiliki kuota data internet anda harus membelinya dengan menggunakan uang. Oleh karena itu banyak pengguna internet yang mencari cara agar bisa mengehemat kuota internet agar tidak cepat habis. Namun sayangnya tidak banyak orang yang bisa menghemat kuotanya dengan cara yang tepat. Banyak pengguna internet yang salah cara dalam menghemat kuota internet yang mereka miliki karena terlalu asyik dengan akses internet yang ada sehingga tidak terlalu memikirkan kuota internet yang dimilikinya. Oleh karena sebagai pengguna internet aktif, anda harus mengetahui cara menghemat penggunaan kuota internet, anda harus mengetahui bagaimana cara ampuh menghemat kuota internet dengan mudah. Lalu bagaimana cara menghemat kuota internet dengan mudah? Berikut kami berikan trik ampun menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Cara menghemat kuota internet di Windows

Cara berikut adalah cara yang dapat anda terapkan dilaptop atau komputer windows anda. Bagi anda yang memiliki laptop windows terutama laptop windows 10, maka cara ini akan sangat bermanfaat bagi anda. Berikut adalah tips cara menghemat kuota internet pada komputer windows.

Baca juga: Trik Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android dan PC

Aktifkan fitur metered connection pada windows 10

image by: howtogeek.com

Pada Windows 10, anda dapat membatasi proses yang berjalan dibelakang layar terutama yang menyedot kuota internet sangat banyak. Windows 10 menyertakan tool bawaan bernama Metered Connection. Tentu saja dengan mengaktifkannya, anda dapat menghemat kuota internet dengan lebih optimal.

Untuk mengaktifkan fitur yang membatasi proses dibelakang layar ini, klik ikon wifi yang ada pada taskbar dibagian bawah kanan, kemudian pilih koneksi wifi yang anda gunakan, pilih properties, kemudian anda dapat menemukan opsi metered connection pada menu tersebut, silahkan klik untuk mengubah status metered connection menjadi ON, dengan begitu maka metered connection akan aktif di laptop Windows anda.

Baca juga: Provider Internet Terbaik Di Kota Medan

Matikan auto update pada laptop Windows dan aplikasi lain

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengehemat kuota internet pada laptop windows anda adalah dengan mematikan auto update yang ada didalam komputer atau laptop anda. Sering kali tanpa disadari, meskipun anda sudah berusaha untuk tidak menggunakan kuota internet dengan sia-sia namun ternyata tiba-tiba kuota internet anda habis tanpa sebab. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena anda mengaktifkan auto update pada laptop windows anda maupun pada aplikasi yang ada didalamnya. Sebaiknya anda menonaktifkan fitur auto update yang ada pada laptop windows anda.

Jangan gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) biasanya digunakan untuk menyembunyikan identitas perangkat anda saat sedang mengakses internet, selain itu VPN digunakan untuk mempercepat download file dari server yang dekan dengan server VPN, oleh karena itu tidak jarang banyak orang yang menggunakan internet untuk keperluan tersebut. Namun jika anda ingin menghemat kuota internet, maka anda tidak perlu untuk menggunakan VPN sebab dengan menggunakan VPN, koneksi internet anda akan sangat cepat tersedot karena harus terus terhubung ke server VPN yang posisinya jauh dari tempat anda berada tentu akan menguras kuota internet anda.

Baca juga: Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia 2019

Gunakan internetcepat dengan kuota unlimited tanpa batasan atau FUP

Solusi terakhir yang dapat anda lakukan untuk menghemat kuota internet adalah dengan berlangganan internet cepat dengan kuota unlimited tanpa batasan ataupun FUP (Fair Usage Policy). Salah satu penyedia layanan internet terbaik di Indonesia yang menyediakan layanan tanpa kuota alias unlimited internetcepat.id. Anda dapat menikmati layanan internet tanpa batas tanpa perlu takut kuota internet akan habis karena internetcepat.id memberikan layanan internet yang tanpa batasan bandwith seperti yang ada pada operator sebelah. Ada berbagai paket internet yang dapat anda pilih untuk menjadi paket internet dirumah anda.

Cara menghemat kuota internet di Android

Setelah anda mengetahui cara menghemat kuota di windows PC, berikut adalah tips mengehemat kuota internet di perangkat android anda. Hampir semua orang memiliki smartphone, mulai dari anak muda hingga orang tua, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara mudah mengehemat kuota internet di Android. Berikut adalah tips cara menghemat kuota internet pada perangkat Android anda.

Nonaktifkan fitur sinkronisasi

Salah satu pemicu yang menyebabkan seringnya kuota tiba-tiba habis tanpa diketahui adalah karena adanya sinkronisasi yang aktif tanpa diketahui pemilik. Sering kali fitur sinkronisasi yang disediakan oleh Android ini diaktifkan meskipun sedang tidak diperlukan, padahal sinkronisasi dapat menyedot kuota internet yang anda miliki. Pasalnya, ketika mengaktifkan sinkronisasi, maka seluruh seluruh akun yang ada didalam smartphone anda akan tersinkronisasi secara otomatis, mulai dari email, kontak, sms, atau bahkan secara otomatis mengupload foto anda ke cloud yang sudah disediakan oleh Google. Tentu saja kuota internet anda akan tersedot jika tidak menonaktifkan sinkronisasi. Oleh karena itu anda tidak perlu mengaktifkan sinkronisasi jika tidak diperlukan. Untuk menonaktifkan sinkronisasi, anda dapat melakukannya dengan membuka pengaturan > pengguna & akun > sinkronisasi akun > nonaktifkan aplikasi yang tidak ingin disinkronkan secara otomatis.

Baca juga: Internet Fiber Optik Indonesia, Inovasi Dunia Telekomunikasi

Gunakan web browser yang lebih hemat kuota

Cara menghemat kuota internet di android selanjutnya adalah dengan menggunakan web browser yang tidak menyedot banyak kuota. Ada banyak web browser yang bisa anda download di Google Playstore namun tidak semua web browser yang tersedia dapat menghemat kuota internet anda. Beberapa web browser yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota seperti firefox focus, uc mini dan opera mini. Dengan menggunakan browser yang hemat kuota internet, maka anda tidak akan cepat kehabisan kuota internet saat sedang menjelajahi dunia maya.

Gunakan aplikasi penghemat kuota internet

Banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang layar perangkat Android dapat membuat kuota internet yang anda miliki pun tiba-tiba tersedot. Wajar saja karena setiap aplikasi yang anda instal biasanya akan berjalan otomatis dibelakang layar, terutama aplikasi-aplikasi pesan instan dan sosial media. Aplikasi-aplikasi tersebut secara perlahan akan menyedot kuota internet tanpa anda ketahui. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian tersebut anda harus menggunakan aplikasi penghemat kuota internet.

Baca juga: Colocation Server Indonesia atau Dedicated Server Indonesia

Ada banyak aplikasi pengehemat kuota internet di Googel Playstore, diantaranya seperti Samsung Max, Datally by Google dan DataEye. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat anda gunakan untuk membatasi penggunaan internet oleh aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

Matikan GPS saat tidak diperlukan

Saat anda mengaktifkan GPS atau Global Positioning System, perangkat Android anda akan bekerja keras menguras daya atau batere anda maupun kuota internet. Oleh karena itu pastikan anda menonaktifkan GPS saat sedang tidak digunakan.

Gunakan wifi unlimited dari internetcepat.id

Solusi terakhir untuk menghemat kuota internet di smartphone Android anda adalah dengan menggunakan wifi internetcepat unlimited tanpa kuota. Anda tidak akan takut kuota internet anda akan habis karena layanan internet dari PT RackH Lintas Asia tidak memiliki batasan seperti penggunaan kartu seluler sehingga anda bisa berinternetan tanpa harus takut kuota internet anda akan habis. Selain itu, harga paket yang tawarkan juga tergolong murah sehingga tidak akan membuat anda harus merogoh kocek dalam-dalam.