• WhatsApp : +62 811 633 0092
Anak IT Wajib Tahu! Inilah Fungsi Router dan Cara Memilihnya

Anak IT Wajib Tahu! Inilah Fungsi Router dan Cara Memilihnya

Fungsi router dalam dunia komputer pastinya tidak jauh dengan internet. Namun apakah Anda tahu router memiliki kegunaan lain yang tak kalah canggihnya? Lalu apakah Anda tahu bagaimana cara memilih router yang tepat? Artikel ini akan mencoba membahas apa yang ingin Anda ketahui. Simak untuk info lebih lanjut!

Sekilas Tentang Router

Secara garis besar, router adalah perangkat komputer (switching) untuk jaringan, yang bertugas merutekan paket jaringan. Rute ini mencakup pengaturan alamat IP dari setiap perangkat baik komputer maupun jaringan. 

Perangkat ini menghubungkan komputer dengan perangkat bahkan dengan jaringan internet melalui protokol akses yang Anda gunakan. Adapun protokol yang bisa Anda gunakan adalah ethernet, ATM, atau DSL.

Jadi secara umum, tugas utama router adalah meneruskan paket berdasarkan tabel perutean yang Anda gunakan. Saat proses ini akan ada segmentasi lalu lintas yang akan mendefinisikan lapisan jaringan yang menangani subnet dan jaringan. Sedangkan adaptor yang menjadi penentu jaringan router atau port

Apa Fungsi Router?

Berikut ini beberapa fungsi router yang belum banyak orang tahu, antara lain:

1. Membuat Segmentasi Jaringan

Seperti penjelasan sebelumnya pada proses kerjanya, router memainkan peran penting dalam segmentasi jaringan internet. Hal ini mencakup seluruh jaringan mulai dari internal maupun untuk sebuah bisnis. 

Router akan berpindah dari jaringan internal ke Internet, untuk mengatur lalu lintas web yang Anda telusuri. Perangkat ini juga menjaga keamanan data dengan menentukan jalur teraman saat Anda melakukan penelusuran internet.

2. Fungsi Router dalam Menentukan Alamat IP 

Alamat IP (Internet Protocol) adalah sebuah elemen yang penting dalam sistem komputer. Hal ini terjadi karena alamat IP menjadi pembeda perangkat satu dengan lainnya. Adanya alamat IP akan membantu menentukan tujuan yang tepat, sehingga paket komunikasi akan berjalan lancar. 

3. Sebagai Firewall Tambahan 

Fungsi router selanjutnya adalah sebagai firewall tambahan. Tugasnya adalah membantu memberikan perlindungan dari penyusup dan pengguna jahat. Firewall memungkinkan perangkat memblokir lalu lintas secara otomatis, terutama ketika user terlihat mencurigakan, tidak sah, atau tidak diinginkan. 

Perangkat lunak ini umumnya sudah terinstal pada setiap komputer sebagai software keamanan bawaan tiap komputer. Namun router memberikan perlindungan tambahan melalui internet bersama dengan firmware dan perangkat lunak firewall.

4. Fungsi Router untuk Berbagi File atau Data

Router juga dapat membantu banyak user untuk berbagi file atau data, melalui jaringan internal maupun internet. Selain sesama komputer, router juga dapat membantu menghubungkan perangkat pendukung seperti printer dan faks ke banyak pengguna.

Bagaimana Cara Memilih Router

Untuk memudahkan pemilihan router, Anda bisa menggunakan cara ini:

  • Periksa kompatibilitas router dengan provider atau ISP yang Anda gunakan. Tidak ada salahnya melihat produk dari provider yang Anda gunakan.
  • Pastikan router yang Anda pilih mendukung kecepatan (speed) internet yang Anda butuhkan setiap harinya.
  • Pilih router yang memiliki protokol nirkabel terbaru guna memastikan kompatibilitas pada kemajuan teknologi yang ada.
  • Sesuaikan kebutuhan Anda dengan jenis router yang tepat. 
  • Ada baiknya memilih router yang sudah support dengan penggunaan mesh WiFi atau extender, sehingga penyebaran WiFi lebih merata.
  • Memilih router yang memiliki tiga fungsi opsional dan pastinya akan membuat kinerja lebih baik. Fungsi ini berkaitan dengan Quality of Services (QoS), Multi User, Multiple Input, Multiple Output (MU MIMO), dan juga Beamforming.
  • Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Kini Anda Siap Memilih Router Sesuai Kebutuhan Anda

Nah, itulah beberapa fungsi router dan bagaimana cara memilihnya. Dengan bekal ilmu ini, Anda bisa memilih router terbaik untuk setiap kebutuhan internet setiap harinya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.