• WhatsApp : +62 811 633 0092
Prinsip Kerja dan Panduan Penggunaan OTDR untuk Pemula

Prinsip Kerja dan Panduan Penggunaan OTDR untuk Pemula

Jika Anda berkecimpung dalam dunia instalasi jaringan, OTDR adalah salah satu tools wajib yang harus Anda kuasai. Alat ini memiliki peranan yang sangat penting serta cara kerjanya cukup mudah untuk pemula. Untuk meningkatkan pemahaman tentang alat ini beserta penggunaannya, Anda bisa mempelajari artikel berikut!

Apa Itu OTDR?

Optical Time-Domain Reflectometer atau OTDR adalah alat yang sangat penting dalam pemeliharaan dan troubleshooting jaringan fiber optic. Fungsi OTDR adalah membantu mendeteksi masalah dan lokasi kerusakan dalam jaringan serat optik dengan akurasi yang cukup tinggi.

Selain itu, Anda juga dapat mengukur jarak dan menganalisis redaman dalam kabel serat optik dalam waktu yang singkat dan penggunaannya cukup mudah, bahkan untuk pemula. OTDR bekerja dengan mengirimkan pulsa cahaya melalui serat optik dan mengukur pantulan cahaya yang kembali untuk mendeteksi dan menganalisis kondisi kabel serat optik. 

Baca Juga: Fiber Optik Adalah: Definisi, Kelebihan, Fungsi dan Jenisnya

Prinsip Kerja OTDR

Perangkat ini bekerja berdasarkan prinsip refleksi dan hamburan cahaya yang akan diolah dan diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih manusiawi. Konsepnya bermula ketika pulsa cahaya dikirim melalui serat optik, sebagian cahaya akan tersebar dan dipantulkan kembali ke sumbernya. 

Ketika bertemu dengan ketidakseragaman dalam serat optik (seperti sambungan putus, konektor rusak, atau kerusakan lainnya), alat ini akan mengirimkan tanda kerusakan. Tools ini akan mengukur waktu pergerakan cahaya dan refleksi intensitas cahaya untuk menentukan titik kerusakan pada kabel fisik. 

Panduan Penggunaan OTDR untuk Pemula

Untuk menggunakan peralatan canggih ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

1. Persiapan Peralatan yang Dibutuhkan

Ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan, mulai dari:

  • Perangkat OTDR,
  • Patch Cord: Penghubung OTDR dengan Link atau OTB atau kabel optik yang akan Anda periksa,
  • Fiber Optik Cleaner: Pembersih konektor dari seluruh perangkat yang digunakan, dan
  • Safety Glasses: Kacamata pelindung sinar UV yang muncul dalam proses pemeriksaan.

2. Bersihkan Peralatan 

Langkah berikutnya dalam penggunaan OTDR adalah memastikan seluruh peralatan dalam keadaan bersih. Sehingga, proses lebih akurat karena pemantulan cahaya berkurang.  Pastikan juga seluruh peralatan dalam kondisi baik dan bersih, gunakan fiber optic cleaner untuk membersihkan ujung konektor dari kotoran yang mengganggu.

3. Lakukan Kalibrasi 

Jika peralatan sudah bersih, Anda bisa mulai mengkalibrasikannya sesuai ketentuan pabrik.  Pastikan peralatan terhindar dari gangguan elektromagnetik dan getaran. Buka menu setting dan atur parameter dengan mengubah sesuai kebutuhan.

Macam-macam parameter yang ada di OTDR yang harus diatur adalah panjang gelombang, lebar pulsa, dan jangkauan pengukuran sesuai dengan spesifikasi serat optik yang akan Anda uji. Jika Anda masih pemula, sebaiknya minta pendampingan ahli atau menggunakan peralatan yang siap pakai, sehingga proses lebih mudah.

4. Sambungkan OTDR dan Mulai Pengukuran

Pada tahapan ini, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Sambungkan OTDR dengan Patch Cord hingga berbunyi klik, lalu sambungkan kembali dengan fiber optic yang ingin Anda periksa.
  2. Kemudian, pastikan ujung dari link atau ujung dari saluran fiber optic sudah tertutup.
  3. Mulai pengukuran dengan klik tombol Test dan amati summary pengukurannya.
  4. Setelah itu, perhatikan grafik trace yang muncul pada layar, lalu lakukan identifikasi puncak-puncak pada grafik yang menunjukkan lokasi sambungan, konektor, atau kerusakan.
  5. Terakhir, analisa pula intensitas dan bentuk puncak untuk menentukan jenis dan tingkat kerusakan atau redaman.

Baca Juga: Keunggulan dan Tantangan dalam Proses Splicing Fiber Optic

OTDR Adalah Alat Penting dalam Penggunaan Serat Optik

Kesimpulannya, menguasai fungsi OTDR adalah esensial bagi teknisi jaringan fiber optic. Alat ini tidak hanya mempermudah deteksi, tetapi juga membuat pekerjaan lebih mudah dan akurat. Dengan keterampilan ini, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan profesionalitas layanan yang Anda berikan.

Seperti para teknisi kebanggaan InternetCepat yang menguasai penggunaan OTDR dan peralatan jaringan lain, demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Apalagi InternetCepat juga menyediakan berbagai layanan internet yang bermitra dengan berbagai brand besar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *