Cara Membuat QRIS Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat QRIS dengan Mudah

Teknologi yang semakin canggih membuat segala transaksi semakin mudah dan praktis, salah satunya melalui pembayaran digital QRIS. Cara membuat QRIS yang mudah membuat para pelaku usaha telah menyediakan pembayaran tersebut. Sebab, masyarakat lebih menyukai menggunakan QRIS daripada repot membawa uang tunai.

Bagi Anda pelaku usaha, baik UMKM atau bisnis besar yang belum memiliki metode pembayaran QRIS, belum terlambat! Yuk, simak cara membuat QRIS sendiri dengan mudah dan cepat di sini!

Key Takeaways

  • QRIS memudahkan transaksi digital dan semakin disukai pelanggan karena praktis dan bebas uang tunai.
  • Pelaku usaha bisa membuat QRIS sendiri dengan mudah lewat lima langkah, mulai dari siapkan dokumen hingga menerima kode QR.
  • Pilih penyedia jasa pembayaran (PJP) resmi yang sesuai kebutuhan dan pastikan proses verifikasi berjalan lancar.
  • Pastikan koneksi internet stabil agar transaksi QRIS berjalan tanpa hambatan dan pengalaman pelanggan tetap optimal.

Apa Itu QRIS?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah sebuah standar nasional berbentuk kode respon cepat (QR) yang berfungsi untuk mengirim dan menerima transaksi pembayaran secara digital di Indonesia. Metode tersebut termasuk pembayaran digital yang sah karena diawasi oleh Bank Indonesia (BI).

Dengan QRIS, pengguna tidak perlu lagi membayar cash, tetapi cukup memindai kode QR yang tersedia di berbagai merchant dengan smartphone. QRIS juga dapat menerima pembayaran dari berbagai bank, dompet digital, atau aplikasi lain yang terdaftar di BI. Sehingga QRIS menjadi salah satu metode pembayaran populer saat ini.

Baca Juga : Uang Elektronik: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

5 Langkah Cara Membuat QRIS

Banyak keuntungan yang merchant dapatkan jika menyediakan QRIS, salah satunya penjualan akan meningkat karena transaksi lebih praktis, efisien, dan aman. Jadi, tak ada salahnya Anda membuat kode QR. Cara buat QRIS pun sangat mudah dan cepat, dengan mengikuti langkah di bawah ini.

1. Menyiapkan Dokumen Sesuai Syarat

Sebelum mendaftar, siapkan terlebih dahulu dokumen sesuai syarat. Umumnya, dokumen tersebut mencakup KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan surat izin usaha yang berisi data usaha, seperti nama, jenis usaha, dan alamat yang berlaku.

2. Memilih PJP Sesuai Kebutuhan

Anda dapat memilih PJP (penyedia jasa pembayaran) yang telah mendapat izin dan terdaftar di Bank Indonesia (BI). Beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih PJP adalah biaya, jangkauan, dan kemudahan aplikasi. Jika PJP yang dipilih mengenakan biaya admin, Anda bisa membayarnya terlebih dahulu sesuai ketentuan.

3. Melakukan Pendaftaran sebagai Merchant

Cara membuat QRIS selanjutnya adalah mendaftarkan usaha Anda sebagai merchant melalui PJP yang telah dipilih. Anda tidak perlu datang ke kantor PJP, tapi cukup melakukannya secara online, yaitu dengan mengunjungi website PJP atau men-download aplikasi PJP tersebut.

Setelah itu, isilah formulir pendaftaran dan unggah dokumen yang telah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan data yang Anda isi benar dan lengkap, agar tidak ada kendala saat proses verifikasi.

4. Verifikasi Akun Sesuai Prosedur

Kemudian, PJP akan memverifikasi data dan dokumen. Proses ini bisa selesai dengan sangat cepat, namun ada pula yang memakan beberapa hari kerja, tergantung PJP yang Anda pilih. PJP mungkin akan menghubungi Anda untuk klarifikasi data.

5. Kode QR Siap Digunakan

Setelah verifikasi selesai, PJP akan memberikan merchant ID dan kode QR. Jika telah resmi aktif, simpan kode QR pada smartphone atau memasangnya di bagian pembayaran agar pelanggan mudah mengaksesnya. Beberapa PJP menyediakan cetakan fisik kode QR, namun ada yang mengharuskan Anda mencetaknya sendiri.

Baca Juga : Kelebihan Uang Elektronik

Ingin Transaksi QRIS Lancar? Pastikan Selalu Terhubung dengan InternetCepat!

Kehadiran QRIS dapat memperluas jangkauan bisnis Anda dan menyediakan metode pembayaran yang lebih mudah, praktis, dan modern bagi pelanggan Anda. Namun, perlu Anda ingat bahwa persyaratan dan biaya pendaftaran pada setiap PJP berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda menggali informasi tentang PJP yang dipilih.

Setelah mengikuti cara membuat QRIS di atas dan kode QR Anda telah aktif, artinya Anda telah siap menerima setiap transaksi pembayaran. Supaya transaksi pembayaran di merchant Anda lancar, pastikan selalu terhubung dengan Wi-Fi dari InternetCepat.InternetCepat merupakan provider Wi-Fi dengan harga murah dan jaringan anti lelet fiber optic dan wireless. Selain itu, paket internetnya unlimited dengan kecepatan yang stabil karena bandwith-nya tidak berbagi dengan pelanggan lain. Sehingga, Anda tetap fokus menjalankan bisnis tanpa khawatir terjadi kendala internet.