• WhatsApp : +62 811 633 0092
Mbps Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Ceknya

Mbps Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Ceknya

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah Mbps dan biasanya istilah ini muncul ketika Anda mendownload sebuah file di internet. Namun, tahukah Anda bahwa mbps adalah sebuah satuan yang sangat berpengaruh dalam koneksi internet? Selain itu, kecepatan internet juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, lho.

Apa itu Mbps?

Secara bahasa, Megabit per Second atau Mbps adalah sebuah satuan dalam ilmu informatika yang berfungsi menentukan kecepatan unduhan atau kecepatan koneksi dalam jaringan internet. 

Pada dasarnya, terdapat beberapa satuan kecepatan internet, namun satuan ini lah yang menjadi patokan penentu kecepatan internet.

Jika Anda mendownload sebuah file dalam internet, mungkin tanpa Anda sadari akan muncul satuan ini dalam unduhan tersebut. Nah, itu adalah salah satu fungsi dari satuan Megabit per Second

Namun, jika koneksi internet Anda lambat atau mengalami gangguan, maka biasanya satuan koneksi akan turun menjadi Kbps.

Apa itu Kbps? Kbps (Kilobit per Second) juga merupakan sebuah satuan untuk menghitung kecepatan internet. Namun, satuan ini biasanya menjadi patokan kalau koneksi internet sedang berjalan lambat.

Kedua satuan internet tersebut memiliki perhitungan kecepatan dengan kalkulasi per detik. Jadi, kecepatan internet akan ditentukan berdasarkan seberapa cepat koneksi internet Anda dalam hitungan detik.

Perbedaan Mbps dan MBps

Pembahasan selanjutnya adalah perbedaan antara kedua satuan kecepatan internet ini. Mungkin, secara kasat mata keduanya memiliki penulisan huruf yang sama. Namun, terdapat perbedaan dalam huruf “B” antara keduanya. 

Mbps adalah satuan kecepatan internet yang berfungsi menentukan kecepatan internet sebuah provider tertentu. Penggunaan satuan ini biasanya berfungsi menentukan kecepatan internet namun dalam skala kecil.

Sedangkan, MBps adalah, satuan internet yang telah dikonversi dalam bentuk kecepatan internet pada sebuah perangkat. Contohnya, menentukan kecepatan internet pada ponsel, laptop, komputer, konsol, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, antara keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun, perbedaannya terdapat pada penggunaanya di sebuah perangkat.

Cara Cek Mbps Internet

Tentu setelah membaca pembahasan di atas, Anda penasaran tentang cara cek kecepatan internet. Pada dasarnya, hanya ada dua cara untuk mengecek kecepatan internet yaitu dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau cek melalui situs web penyedia fitur kecepatan internet. Berikut penjelasannya:

1. Cek Kecepatan Internet dengan Aplikasi 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan kecepatan internet adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut bisa Anda jalankan dari ponsel dan tersedia di Playstore. Contoh aplikasinya seperti Speed Tester Master, Meteor, Internet Speed Dial, dan masih banyak lagi.

Cara menggunakan aplikasi tersebut pun sangat mudah. Anda hanya perlu memilih fitur tes kecepatan internet dalam aplikasi tersebut. Selanjutnya, akan muncul tampilan yang menunjukan kecepatan koneksi internet Anda.

2. Cek Kecepatan Internet dengan Situs Website

Cara kedua untuk mengetahui kecepatan koneksi internet adalah dengan menggunakan situs website yang menyediakan fitur pengecekan kecepatan internet. Beberapa situs tersebut antara lain, Fast.com, Speedtest.net, atau dengan situs resmi provider internet yang Anda gunakan.

Cara menggunakan fiturnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengakses situs tersebut, kemudian pilih menu “Tes Kecepatan Internet”. Kemudian, secara otomatis situs tersebut akan mendeteksi kecepatan internet yang Anda gunakan untuk terhubung pada situs tersebut.

Yuk, Pilih Provider Internet yang Berkualitas!

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu mbps beserta dengan fungsinya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa satuan tersebut penentu kecepatan internet suatu provider. Jadi, pilihlah provider internet yang berkualitas agar koneksi internet Anda tetap stabil.

referensi: 

Leave a Reply

Your email address will not be published.