• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Membatasi Pengguna WiFi demi Keamanan Jaringan Internet Anda

Cara Membatasi Pengguna WiFi demi Keamanan Jaringan Internet Anda

WiFi adalah jenis jaringan internet nirkabel yang sifatnya kadang-kadang terbuka untuk khalayak umum. Masalahnya adalah belum tentu semua pengguna internet dapat dipercaya untuk menggunakan jaringan WiFi itu secara wajar. Jika Anda perlu cara membatasi pengguna WiFi demi keamanan jaringan, pelajarilah artikel ini.

Bahaya Membuka Akses WiFi kepada Masyarakat Umum

Pada masa kini, akses internet sudah terbuka selebar-lebarnya kepada siapapun, baik itu guru, pedagang, dokter, bahkan ibu rumah tangga. 

Adanya jaringan WiFi yang tersedia bagi kalangan umum juga berguna untuk memudahkan aktivitas ekonomi. Syaratnya, Anda harus tahu macam-macam cara membatasi pengguna WiFi.

Di bawah ini ialah bentuk-bentuk kerugian yang dapat timbul apabila jaringan WiFi Anda buka tanpa batasan kepada semua orang:

  • Adanya aksi pencurian data oleh hacker jika Anda tidak cek pengguna WiFi tersebut.
  • Virus komputer seperti Trojan dapat menyusup dan merusak sistem gawai.
  • Terganggu oleh iklan-iklan yang suka menutupi layar gawai.
  • Akun media sosial dan terkena aksi pembajakan dan penipuan.
  • Gawai menjadi alat mata-mata oleh pihak yang tak bertanggung jawab, misalnya penjahat.

Beragam Cara Membatasi Pengguna WiFi yang Ampuh

Anda tidak perlu khawatir akan bahaya yang bisa timbul akibat mengizinkan orang lain mengakses WiFi tanpa izin. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi jaringan WiFi dari gangguan yang tak diinginkan. Di bawah ini adalah penjelasannya:

1. Gunakan Password yang Sulit Orang Tebak

Cara membatasi pengguna WiFi pertama yaitu memasang kata sandi atau password yang rumit sehingga tak ada siapapun yang bisa menebaknya. Anda memerlukan koneksi LAN atau WiFi, serta kode IP jaringan router WiFi Anda untuk bisa melakukannya.

Caranya, buka browser, masukkan kode IP milik Anda di kolom alamat, kemudian masuk menggunakan username Anda. Begitu layar menampilkan pengaturan jaringan internet Anda, klik menu “Wireless” dan pilih opsi “Wireless Security”, kemudian pilih “WPA/WPA2-Personal”.

Inilah tempat Anda bisa memasukkan kata sandi baru untuk WiFi Anda, tetapi jangan lupa untuk menyimpannya. Jika sudah, baru Anda klik pilihan “Click Here”, kemudian “Reboot” untuk mengakhiri pengaturan.

2. Unduh Aplikasi Khusus Pembatas Akses

Cara memblokir pengguna WiFi untuk melindungi keamanan jaringan internet Anda yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi pembatas akses WiFi ini dapat mengatur jumlah pengakses WiFi serta alur masuk-keluarnya data. Contoh aplikasi tersebut ialah NetLimiter, yang dapat Anda unduh secara gratis. 

Pada aplikasi NetLimiter, Anda bisa klik pada menu “Limit”, kemudian pilih bagian “Value” untuk menentukan jumlah pengakses jaringan. 

Aplikasi NetLimiter juga mempunyai menu-menu “Download Limit” dan “Upload Limit”. Kedua bagian ini berfungsi mengatur kecepatan koneksi WiFi lewat pengaturan checklist mereka.

3. Atur Modem Internet Melalui Pengaturan Admin 

Cara membatasi pengguna WiFi ketiga yaitu mengatur aksesnya lewat modem WiFi. Misalnya Anda memakai layanan internet Indihome, Anda perlu membuka browser dan ketikkan IP Indihome, yaitu 192.168.1.1 di kolom alamat. Anda akan masuk ke layar utama pengaturan jaringan WiFi agar bisa login dengan username Anda.

Sekarang waktunya mengatur jumlah pengakses WiFi di menu “Network”, lalu pilih opsi “SSID Setting”. Di kolom “Maximum Clients”, atur jumlah pengguna jaringan yang Anda izinkan, kemudian klik tombol “Submit” agar perubahannya tersimpan.

Sudah Paham Cara Membatasi Pengguna WiFi?

Dan itulah artikel singkat berisi informasi tentang cara memblokir pengguna WiFi yang Anda curiga mempunyai niat tidak baik. Karena internet adalah fasilitas umum yang rentan disusupi penjahat, ada baiknya jika Anda berhati-hati saat memberikan akses WiFi kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.