• WhatsApp : +62 811 633 0092
Apa Itu Modem? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Modem? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Banyak orang yang sudah mulai mengetahui beragam perangkat pendukung akses internet. Salah satunya tentu modem. Modem adalah sebuah perangkat keras yang memastikan Anda dapat berselancar ke dunia maya dengan mudah. Dalam sejarahnya, hingga saat ini sudah banyak perkembangan yang terjadi pada jenis-jenis modem. 

Pengertian dan Jenis Modem 

Dengan banyaknya jenis-jenis modem di pasaran saat ini, mari bahas secara singkat mengenai pengertian dari alat tersebut. Secara teknis, modem adalah alat komunikasi dua arah agar dapat menghubungkan jaringan komputer dengan internet. 

Saat ini, kehadiran perangkat tersebut adalah hal yang penting dalam kebutuhan sehari-hari baik di rumah dan juga tempat kerja. Dengan ragam kondisi tersebut, terdapat banyak jenis-jenis modem yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan, yaitu:

1. Kabel 

Salah satu jenis yang umum Anda temukan saat ini adalah modem kabel. Sesuai dengan namanya, konfigurasi yang berlaku pada modem ini adalah penggunaan kabel sebagai sumber data. Umumnya, perangkat ini datang dari penawaran layanan televisi berlangganan. Jadi, koneksi internet akan berpengaruh pada tayangan TV. 

Saat ini, sumber data utama perangkat ini pun mulai mengalami perubahan. Kabel fiber optik jadi pilihan banyak penyedia jasa internet di Indonesia. Pasalnya, jenis kabel tersebut dianggap kuat terhadap gangguan dan dapat mengirim dan menerima data dengan stabil dan cepat. 

2. Dial Up

Modem dial up adalah jenis yang cukup populer di Indonesia pada era 90-an hingga awal 2000-an. Perangkat keras ini menggunakan kabel jaringan telepon dan mengonversi data ke komputer untuk akses ke internet. Dengan kata lain, selama penggunaan internet, fasilitas telepon tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Namun, kondisi tersebut tidak lagi berlaku. Dengan hadirnya layanan modem kabel di Indonesia, banyak orang memutuskan untuk pindah agar jaringan telepon tidak terganggu dan tidak menunjukkan tagihan yang membengkak setiap bulannya.

3. ADSL 

ADSL merupakan jenis perangkat yang umum Anda temukan dalam kebutuhan bisnis atau perkantoran. Pasalnya, perangkat ini mampu menampung data atau bandwidth yang lebih besar, jika dibandingkan dengan perangkat rumahan. Dengan data yang besar, maka komputer dapat menerima jaringan internet lebih cepat dan stabil. 

Selain ADSL, ada juga versi DSL. Namun, perangkat ini kurang begitu populer karena tidak menawarkan kecepatan akses yang baik daripada perangkat ADSL. Oleh karena itu, ADSL lebih sering jadi pilihan populer. 

4. GSM 

Jaringan telekomunikasi masih cukup populer sebagai sumber data akses internet di Indonesia. Hal tersebut pun memberikan ruang bagi pengembangan modem GSM. Dengan kata lain, alat komunikasi ini menggunakan data GSM atau kartu perdana telepon seluler sebagai data internet untuk komputer. 

Biasanya jenis perangkat ini membutuhkan koneksi USB pada perangkat komputer atau nirkabel sebagai jembatan akses internet yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu memastikan bahwa kartu GSM sudah terdaftar dan memiliki setting GPRS yang aktif sebelum memasangnya. 

5. CDMA 

Tidak hanya GSM, CDMA juga merupakan salah satu jaringan seluler yang berkembang pesat di Indonesia. Hal tersebut pun menjadi opsi lain bagi penyedia layanan seluler untuk memperkenalkan modem CDMA. Sama halnya dengan jenis GSM, perangkat keras internet ini memiliki aspek teknis serupa.

Kesimpulan 

Gunakan modem sesuai kebutuhan Anda. Namun, pastikan Anda menggunakan penyedia layanan internet atau internet service provider dengan reputasi baik seperti Internetcepat.id. Selain itu, pastikan juga jaringan internetnya berkualitas dan cepat untuk kebutuhan rumah hingga perkantoran sekali pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.