• WhatsApp : +62 811 633 0092
WiFi Repeater Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

WiFi Repeater Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Sekarang mengakses internet dapat menggunakan WiFi. Namun, ada juga kendala seperti sinyal tidak bisa menjangkau ke seluruh ruangan sehingga memerlukan WiFi Repeater. WiFi Repeater adalah salah satu alat alternatif untuk membantu ketika Anda ingin memperluas sinyal WiFi utama. Berikut ulasan lengkapnya! 

Apa Itu WiFi Repeater?

WiFi Repeater adalah sebuah alat dengan bentuk mirip seperti modem dan memiliki antena yang berguna untuk menangkap dan menyebarkan sinyal ke area-area di sekitarnya. Namun, secara umum bandwith yang repeater pancarkan hanya setengah dari modem WiFi utama. 

Fungsi WiFi Repeater

Terdapat beberapa fungsi dari pemakaian repeater. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memperluas Jangkauan Sinyal

Fungsi utama dari WiFi repeater adalah untuk memperluas jangkauan sinyal di dalam ruangan. Kita tahu bahwa WiFi yang kita pasang di dalam ruangan tertentu biasanya tidak bisa menjangkau ruangan lainnya. Sehingga dengan memasang repeater ini jangkauan sinyal bisa menjadi lebih baik. 

2. Menghindari Pemakaian Kabel LAN

Fungsi lainnya adalah untuk menghindari pemakaian kabel LAN. Pengguna yang berada cukup jauh dari modem utama dan ingin mendapatkan sinyal biasanya memilih memakai kabel LAN. Namun, penggunaan kabel ini cukup merepotkan. Sebaliknya repeater akan membuat Anda mendapatkan sinyal secara wireless

3. Menguatkan Sinyal Di Spot Tertentu

WiFi Repeater dapat menguatkan sinyal di area-area tertentu. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa, repeater akan menangkap sinyal dan memperkuat sinyal output. Sehingga ketika cukup jauh dari modem utama asalkan ada repeater di spot tersebut sinyal tetap mudah Anda dapatkan. 

4. Pengiriman dan Penerimaan Data Lebih Baik

Repeater akan mempermudah proses pengiriman dan penerimaan sebuah data. Nantinya perangkat yang saling terhubung dengan jaringan dari repeater, sehingga akses data terjadi lebih cepat karena sinyal yang kuat dan stabil. Jadi, Anda tidak perlu khawatir melakukan akses data saat jauh dari modem utama. 

5. Memaksimalkan Kualitas Sinyal

Fungsi terakhir WiFi Repeater adalah memaksimalkan kualitas sinyal dari modem utama. Cara kerja repeater ini adalah menangkap sinyal dari modem utama kemudian memprosesnya dan memperbesar sinyal serta meneruskannya ke berbagai perangkat. Sehingga sinyal yang dihasilkan akan lebih maksimal. 

Jenis-Jenis Repeater

Setelah Anda tahu setiap fungsinya, maka berikut adalah jenis-jenis repeater yang perlu Anda ketahui: 

1. Optical Communications Repeater

Jenis pertama adalah Optical Communications Repeater. Kegunaannya adalah untuk memperkuat sinyal pada kabel fiber optik. Pada bagian repeater tersebut terdapat light pulses dari foton yang akan tersebar secara acak di kabel optik. 

2. Telephone Repeater

Selanjutnya adalah Telephone Repeater yang terpasang pada jaringan telepon dan dapat memaksimalkan sinyal pengguna dengan lebih leluasa. Cara kerja repeater ini terjadi secara dua arah. Sehingga para pengguna telepon bisa mendengar suara lebih jelas karena sinyal yang stabil.

3. Radio Repeater

Jenis yang terakhir adalah Radio Repeater. Repeater ini berguna sebagai penguat sinyal radio. Selain itu, Radio Repeater hanya memiliki satu antena yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim. Lalu, sinyal yang repeater terima nantinya akan diperkuat sebelum alat ini mengirimkan atau memancarkannya.

Apakah Sudah Tahu Tentang Apa itu WiFi Repeater?

Kesimpulannya WiFi Repeater adalah alat penting yang dapat membuat Anda nyaman ketika mengakses internet. Jika ingin memasang repeater dengan layanan ahli, Anda bisa layanan dari internetcepat.id. Jangan biarkan WiFi yang lambat justru mengganggu pekerjaan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.