• WhatsApp : +62 811 633 0092
Mudah, Begini Cara Menghubungkan Smart TV ke WiFi!

Mudah, Begini Cara Menghubungkan Smart TV ke WiFi!

Kerap dianggap rumit, ternyata cara menghubungkan Smart TV ke WiFi bukan perkara yang sulit, lho. Dengan kehadiran sambungan WiFi, Anda dapat menonton TV untuk menonton siaran atau bahkan browsing informasi di media sosial sekaligus. Lantas, bagaimana langkah menyambungkan WiFi ke TV yang benar?  Simak artikel berikut ini! 

Apa Itu Smart TV?

Berbeda dengan TV analog, Smart TV hadir dengan ragam modernitas teknologi yang sempurna. Umumnya, Smart TV ini mempunyai sistem pembeda, yakni fitur eksklusif dan program tambahan dengan bantuan konektivitas internet. 

Artinya, jenis TV tersebut mampu tersambung ke internet secara nirkabel atau bahkan via kabel internet secara langsung. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses konten online dengan layar resolusi yang mumpuni.   

Pada prosesnya, setiap merek Smart TV mempunyai sistem operasi (SO) pengoperasian teknologi yang berbeda-beda. Beberapa contohnya yaitu merek LG dengan penggunaan OS yang bernama WebOS dan Samsung yang hadir dengan jenis OS yang bernama Tizen.    

Sayangnya, Smart TV akan menjadi TV biasa saja jika Anda tidak menggunakan jaringan internet apapun. Meski begitu, Anda tetap bisa menonton melalui Smart TV tanpa menggunakan WiFi. 

Hanya saja, Anda tidak dapat mengakses aplikasi apapun yang terhubung melalui internet dan tontonan Anda menjadi terbatas. Sedangkan jika Anda memanfaatkan jaringan WiFi, Anda bisa melakukan akses ke seluruh aplikasi secara bebas.

Baca Juga: Begini Cara Membuat TV Biasa Jadi Smart TV dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghubungkan Smart TV ke WiFi?

Seperti pembahasan sebelumnya, ada 2 jenis langkah untuk menyambungkan Smart TV ke internet. Cara tersebut antara lain dengan menggunakan kabel ethernet (LAN) atau WiFi adapter. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut informasi selengkapnya!

1. Gunakan Bantuan Kabel Ethernet (LAN)

Pada dasarnya, kabel ethernet (LAN) bukan termasuk produk tambahan dalam pembelian Smart TV. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan kabel ethernet terlebih dahulu sebelum menyambungkannya ke Smart TV. 

Untuk menghubungkannya, Anda perlu memastikan bahwa Smart TV dalam keadaan menyala dan segera mencari terminal LAN port serta mencolokkan salah satu ujung kabel ethernet ke dalamnya. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk memasukkan ujung kabel ethernet yang lainnya ke dalam terminal ethernet yang ada pada router jaringan internet.  

Kemudian, Anda perlu melakukan setting jaringan terhadap Smart TV berdasarkan informasi yang tertera pada buku panduan masing-masing. Cara yang terakhir pada bagian ini yaitu Anda harus memilih opsi jaringan kabel (wired) pada network settings dan klik “Done” jika sudah selesai.   

2.  Sambungkan ke Jaringan WiFi

Cara menghubungkan Smart TV ke WiFi yang selanjutnya adalah menyambungkan jaringan internet yang tersedia ke TV. Usai memastikan TV dalam keadaan menyala, gunakanlah remote TV untuk mengakses tab pengaturan. 

Kemudian, buka network settings dan pilih opsi jaringan nirkabel (wireless). Pada bagian ini, Anda dapat melakukan akses terhadap tampilan wireless connection untuk memilih salah satu jaringan WiFi yang akan Anda gunakan. Lalu, pastikan untuk masuk ke dalam jaringan WiFi dengan kode password yang tepat. 

Jika sudah selesai memasukkan kata sandi, klik OK dan tunggu hingga muncul notifikasi konektivitas internet telah berhasil pada layar TV. Pengguna pun bisa kembali ke tampilan dan segera memilih siaran yang sesuai dengan preferensi.  

Baca Juga: 4 Cara Menyambungkan Smart TV ke HP, Mudah dan Efektif!

Sudah Paham Cara Menghubungkan Smart TV ke WiFi?

Kendati harus melalui beberapa tahapan, namun cara menyambungkan Smart TV ke WiFi tergolong praktis dan mudah untuk diikuti. Selain langsung masuk ke jaringan WiFi yang tersedia pada panel, pengguna juga bisa menggunakan adaptor WiFi untuk mengaktifikan koneksi internet.  

Meskipun fitur WiFi pada Smart TV memungkinkan Anda menonton siaran televisi melalui internet tanpa khawatir tentang posisi antena, namun internet yang kurang stabil juga bisa mengganggu kecepatan jaringan, lho. Untuk mengatasinya, coba pertimbangkan menggunakan layanan Internet Rumah Wireless dari Internetcepat.id.  

Dengan teknologi terbaru dan biaya langganan yang terjangkau, Anda dapat menikmati kualitas terbaik dari layanan WiFi tanpa kabel yang sempurna. Tunggu apa lagi? Siapkan budget dan nikmati konektivitas tanpa batas dari Internet Cepat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *