• WhatsApp : +62 811 633 0092
Perbedaan MBps dan Mbps, Pengguna Internet Wajib Tahu

Perbedaan MBps dan Mbps, Pengguna Internet Wajib Tahu

Zaman sudah semakin maju. Keberadaan internet bukan perkara asing lagi sekarang. Bahkan, setiap tahunnya kecepatan internet semakin bertambah. Dalam perkembangannya muncul istilah-istilah yang sama namun maknanya berbeda. Sebut saja perbedaan MBps dan Mbps. 

Sekilas memang terlihat mirip bukan? Tapi jelas beda, berikut ulasannya!

Kenali Perbedaan MBps dan Mbps

Dalam dunia internet, kedua istilah tersebut terbilang sangat umum. Hanya saja, Anda sebagai pengguna pun harus bisa memahaminya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kecepatan jaringan internet yang terhubung dengan perangkat lunak baik itu ponsel atau laptop. 

Untuk itulah berikut adalah penjelasan lengkapnya mengenai pengertian beserta letak perbedaan antara kedua satuan kecepatan internet tersebut.

1. Pengertian Megabyte per Second (MBps)

Pasalnya, perbedaan kedua satuan kecepatan internet juga terletak pada pengertiannya. MBps adalah singkatan dari Megabyte per Second. Hanya saja untuk istilah ini menggunakan satuan byte yang tentunya melambangkan bahwa koneksi jaringannya lebih besar. 

Umumnya, satuan byte digunakan pada perangkat seperti komputer, modem, smartphone, dan laptop.

Perlu Anda ketahui, kecepatan internet dari perangkat satu ke perangkat lainnya cenderung akan berbeda tergantung providernya. Jadi, jika Anda merasa ada perbedaan, tak perlu merasa khawatir karena masalah ini memang wajar terjadi. 

Kendati demikian, Anda tetap bisa menyampaikan keluhan kepada Internet Service Provider untuk memperbaiki kecepatan akses jaringan jika memang sedang bermasalah.

2. Pengertian Megabit per Second (Mbps)

Mempunyai singkatan yang hampir sama dengan sebelumnya, untuk satuan kecepatan internet yang ini memiliki kepanjangan yakni Megabits per Second. Hanya saja perbedaannya terletak pada ukuran kecepatan jaringannya. Apabila yang pertama tadi menggunakan satuan byte, maka yang kali ini memakai satuan bit.

Ukuran bit memang lebih kecil. Maka dari itu dalam penulisannya pun huruf “b” menjadi pembeda antara keduanya. Biasanya satuan ini akan muncul ketika pemilik jaringan melakukan tes kecepatan internet menggunakan tools khusus. 

3. MBps to Mbps

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa maksudnya? Dari sekian banyak pertanyaan mengenai perbedaan MBps dan Mbps, tak sedikit para pengguna yang merasa bingung terhadap angka-angka yang muncul pada tes kecepatan internet. 

Misalnya saja, Anda berlangganan dengan provider yang memberikan layanan kecepatan download internet sebesar 32 megabit per second. Namun setelah mengeceknya, perangkat hanya menunjukkan dan menampilkan angka 4 megabyte per second. Kok bisa?

Jadi begini, kedua satuan tersebut, memiliki ukuran yang berbeda. Untuk 1 byte sendiri sama dengan 8 bit. Jadi, jika kecepatan jaringannya 32 bit per detik, maka sama artinya dengan 4 byte per detik. Inilah yang menunjukkan bahwa satuan bit memang lebih kecil.

Setelah mengetahui perbedaan tersebut, jangan mudah tergiur dengan promosi yang provider lakukan. Pasalnya, jika Anda hanya melihat kecepatan bit saja tanpa membandingkannya dengan dengan satuan byte, maka kemungkinan besarnya Anda akan merasa kecewa karena ternyata tidak sesuai ekspektasi. 

Itulah yang membuat Anda harus memahami perbedaan koneksi jaringan ini meskipun tidak bekerja sebagai provider internet. Tujuannya adalah untuk mengetahui kecepatan jaringan internet Anda dan mampu melakukan konversi ke satuan byte dan bukan bit semata. 

Selain itu, informasi ini akan membantu Anda terhindar dari iming-iming yang sebenarnya hanyalah bualan semata. Jadi waspada, ya.

Jangan Sampai Salah dan Asal Pilih Provider Internet, ya!

Apakah penjelasan tentang perbedaan MBps dan Mbps di atas sudah bisa Anda pahami? Jika iya, pastikan Anda memilih provider yang bisa memberikan layanan internet terpercaya seperti halnya Internetcepat.id.

Internetcepat.id ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk upgrade kecepatan jaringan internet Anda. Selain bisa berkonsultasi dulu, Anda juga akan memperoleh penawaran terbaik yang tidak akan ada pada penyedia layanan internet lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.