• WhatsApp : +62 811 633 0092
Sinyal Wifi Masih Dapat Ditangkap dengan Radius Berapa?

Sinyal Wifi Masih Dapat Ditangkap dengan Radius Berapa?

Berapakah jarak sinyal WiFi masih dapat ditangkap dengan radius titik akses nirkabel? Pertanyaan inilah yang muncul ketika membicarakan jangkauan sinyal WiFi. Dengan mengetahui jarak jangkauan sinyal WiFi, Anda bisa melakukan optimalisasi sinyal WiFi untuk kenyamanan dalam menggunakan internet. 

Temukan jawaban dari pertanyaan Anda dengan membaca artikel di bawah ini!

Berapakah Jangkauan Sinyal WiFi Masih Dapat Ditangkap dengan Radius Access Point? 

Jarak sinyal WiFi merupakan jarak yang mempengaruhi konektivitas dengan internet. Semakin jauh jarak perangkat yang terhubung dengan titik akses WiFi, maka semakin lemah jaringan yang tertangkap. 

Pada umumnya, jarak sinyal WiFi dapat terjangkau hingga 100 meter di luar ruangan atau sekitar 40 meter di dalam ruangan. Akan tetapi, beberapa hal bisa mempengaruhi jangkauan sinyal.

Baca Juga: Mengenal Access Point: Definisi, Fungsi, Serta Jenisnya!

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Jangkauan Sinyal WiFi?

Supaya paham seberapa jauh sinyal WiFi terjangkau, ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi jarak sinyal WiFi. Berikut ulasannya!

1. Kualitas Router atau Access Point

Router atau titik akses nirkabel adalah perangkat utama yang menyalurkan sinyal WiFi pada perangkat elektronik. Oleh karena itu, perangkat ini perlu memenuhi standar nirkabel yaitu IEEE 208.11

IEEE 208.11 ini merupakan bentuk standar untuk perangkat nirkabel. Standar ini punya beberapa jenis, sehingga tiap jenisnya menghasilkan kualitas jaringan, frekuensi, serta jarak sinyal yang berbeda pula.

Baca Juga: Perbedaan Router dan Access Point dalam Jaringan Internet

2. Bentuk Bangunan

Bangunan atau objek tertentu bisa mempengaruhi sinyal wifi masih dapat ditangkap dengan radius dari titik akses. Beberapa bahan bangunan, misalnya logam dan dinding bata, bisa mengurangi jarak sinyal WiFi. Maka dari itu, jangkauan sinyal WiFi lebih pendek pada ruangan indoor

3. Frekuensi 

Yang terakhir, frekuensi WiFi bisa memberikan jangkauan sinyal yang berbeda. Terdapat dua jenis frekuensi WiFi, yaitu:

a. 2.5Ghz

Frekuensi 2.5Ghz merupakan yang umum digunakan untuk sinyal WiFi. Frekuensi ini bisa menjangkau 100 meter di luar ruangan dan 40 meter di dalam ruangan. Meskipun mempunyai jarak jangkauan yang luas, kecepatan sinyal frekuensi ini cenderung rendah.

b. 5Ghz

Sebaliknya, frekuensi 5Ghz memiliki jarak yang cenderung pendek, bahkan hanya mencapai sepertiga sampai setengah jarak dari frekuensi 2.5Ghz. Akan tetapi, frekuensi ini memiliki kekuatan sinyal yang jauh lebih cepat. 

Cara untuk Memperkuat Jangkauan Sinyal WiFi

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi jangkauan sinyal WiFi masih dapat ditangkap dengan radius titik akses, ada pula cara-cara agar sinyal WiFi Anda tetap optimal. Berikut adalah cara-caranya. 

1. Mengatur Tata Letak Router

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengatur ulang tata letak router. Pastikan Anda meletakkan router pada posisi paling tengah untuk bisa menjangkau ke segala arah. 

Selain itu, Access Point atau router juga bisa terpengaruh oleh posisi antena. Jadi, arah antena juga bisa mempengaruhi jarak sinyal WiFi. 

2. Restart WiFi

Sebelum melakukan perbaikan drastis pada router WiFi Anda, coba terlebih dahulu untuk restart atau menyalakan ulang router WiFi. Dalam beberapa kasus, restart WiFi bisa mengembalikan performa WiFi yang lemah. 

3. Menyingkirkan Objek Pengganggu Sinyal WiFi

Beberapa objek dapat mengganggu sinyal wifi masih dapat ditangkap dengan radius titik-titik dari akses, misalnya bahan logam, tembok batu bata, keramik, hingga cermin. Selain itu, perangkat nirkabel juga bisa mengganggu frekuensi WiFi, seperti microwave, monitor bayi, dan sistem garasi otomatis. 

4. Melakukan Update pada Firmware

Pembaruan sistem firmware dari vendor juga bisa meliputi optimalisasi kekuatan sinyal WiFi. Jadi, melakukan update rutin juga bisa meningkatkan performa router Anda. Ditambah lagi, pembaruan sistem juga bisa termasuk peningkatan sistem keamanan dan juga fitur baru. 

5. Menggunakan Repeater atau Extender

WiFi repeater atau extender merupakan perangkat yang dapat membantu memancarkan ulang sinyal WiFi. Jadi, jarak sinyal bisa lebih luas dan menjangkau ke seluruh ruangan. 

Baca Juga: WiFi Repeater VS Extender:  Mana Yang Terbaik untuk Sinyal?

Optimalkan Jangkauan Sinyal WiFi Masih Dapat Ditangkap dengan Radius Access Point!

Optimalisasi sinyal WiFi masih dapat ditangkap dengan radius titik akses nirkabel sangat penting. Apalagi jika pengguna yang menggunakan fasilitas WiFi sangat banyak, seperti halnya pegawai kantor. Access Point WiFi kantor harus selalu dalam kondisi prima agar tidak menghambat kinerja para karyawan.

Oleh sebab itu, Internet Cepat menawarkan opsi layanan Internet Kantor Wireless. Dengan layanan ini, Anda bisa memberikan akses internet yang prima untuk menunjang kinerja karyawan Anda. Terlebih lagi, layanan ini menawarkan internet unlimited tanpa Fair Usage Policy (FUP). 

Internet Cepat juga memberikan layanan kunjungan teknisi gratis. Jadi, Anda bisa mengoptimalkan letak router yang strategis untuk kenyamanan karyawan.  Gunakan layanan ini sekarang, dan nikmati akses internet kantor yang cepat serta tanpa batas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *