• WhatsApp : +62 811 633 0092
6 Cara Agar Internet Stabil dan Koneksi Lancar Tidak Putus-Putus

6 Cara Agar Internet Stabil dan Koneksi Lancar Tidak Putus-Putus

Banyak orang yang mencari cara agar internet stabil ketika mereka gunakan. Cara agar koneksi internet stabil di Android ini sendiri cukup penting untuk diketahui oleh Anda.

Saat ini, koneksi internet merupakan hal yang penting bagi banyak orang. Ada banyak kegiatan yang akan sangat berkaitan dengan koneksi dan juga kecepatan internet yang bisa diandalkan.

Bagaimana Cara Agar Internet Stabil?

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi koneksi internet, tidak hanya masalah provider, namun Anda juga perlu memperhatikan hal lain, seperti tempat atau jaringan. Untuk mengoptimalkan koneksi, berikut adalah beberapa cara agar internet stabil yang bisa Anda lakukan:

1. Restart Perangkat

Cara agar internet stabil yang pertama adalah melakukan restart perangkat. Biasanya, cara ini perlu Anda lakukan ketika koneksi bermasalah, namun tidak tahu pasti penyebabnya.

Proses restart akan membuat sistem kembali ke settingan awal dan membersihkan aplikasi yang bekerja. Bisa jadi penyebab dari internet tidak lancar sendiri adalah terlalu banyak aplikasi yang bekerja dan membuat sistem menjadi overload.

2. Lokasi

Selain masalah cuaca, hal lainnya yang juga sering menjadi penyebab internet tidak stabil adalah karena lokasi. Bisa jadi Anda berada di lokasi yang tidak tercover sinyal dengan sempurna.

Hal ini membuat penerimaan sinyal menjadi lemah dan tentu saja akan mengganggu koneksi internet yang Anda punya. Solusinya adalah pindah lokasi atau mencari tempat dengan sinyal yang lebih baik.

3. Update Aplikasi

Hal ini berlaku ketika Anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Jika aplikasi tersebut berjalan lambat, maka bisa jadi karena aplikasi tersebut belum diupdate.

Baca Juga: Apa Itu Buffering? Pengertian dan Cara Mencegahnya

Update aplikasi sendiri merupakan salah satu cara agar koneksi internet stabil di Android. Dengan menggunakan versi terbaru, seharusnya aplikasi yang Anda butuhkan tersebut bisa berjalan dengan lebih lancar.

4. Non Aktifkan Data Saver

Dalam perangkat smartphone saat ini, ada satu fitur yang bernama data saver. Fitur ini sendiri berguna untuk menghemat data ketika Anda memiliki kuota yang terbatas atau hampir habis.

Masalahnya, fitur ini juga akan berpengaruh ke koneksi internet yang Anda terima. Jika terus menggunakan fitur ini, maka koneksi yang Anda terima akan menjadi lambat dan tidak stabil. Sebaiknya, jika sudah memiliki kuota yang cukup, maka nonaktikan fitur satu ini.

5. Cek VPN

Jika Anda menggunakan VPN, maka cara agar internet stabil lainnya adalah dengan melihat apakah VPN tersebut berjalan normal atau tidak. Bisa jadi masalah internet yang Anda alami berasal dari koneksi VPN tersebut.

Cara paling mudah untuk mengeceknya adalah dengan memutus koneksi, lalu menyambungkan kembali. Jika masih bermasalah, Anda juga bisa mencoba menyambungkan kembali dengan menggunakan server yang berbeda.

Baca Juga: Perbedaan MBps dan Mbps, Pengguna Internet Wajib Tahu

6. Hindari Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan sebagai cara agar koneksi internet stabil di Android adalah menghindari membuka banyak aplikasi sekaligus. Selain membuat koneksi internet menjadi lambat, hal ini juga membuat kinerja perangkat menjadi lebih berat.

Meskipun perangkat Anda mendukung multi task, namun membuka banyak aplikasi sekaligus juga biasanya akan membuat perangkat menjadi cepat panas. Ini juga biasanya akan membuat koneksi menjadi lebih lambat.

Apakah Anda Butuh Internet Stabil?

Saat ini, kebutuhan akan koneksi internet memang sudah seperti kebutuhan pokok yang harus selalu ada. Terutama untuk Anda yang menggunakan internet untuk mendukung produktivitas.

Jika Anda membutuhkan cara agar internet stabil, maka salah satunya adalah menghubungi Internet Cepat. Kami bisa menyediakan dan memastikan kebutuhan akses internet Anda terpenuhi dengan kecepatan dan kestabilan yang sesuai dengan keinginan. 

Beli provider internet dengan harga murah, pelayanan cepat, kualitas terbaik, Internet Cepat solusinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *