• WhatsApp : +62 811 633 0092
Kenali Kekurangan dan Kelebihan WiFi Sebelum Memasangnya

Kenali Kekurangan dan Kelebihan WiFi Sebelum Memasangnya

WiFi adalah jaringan yang menjadi salah satu pilihan orang banyak untuk mengakses internet. Bukan tanpa sebab, WiFi dianggap mampu memberikan beberapa keuntungan dibandingkan dengan paket data. Apa saja? Kali ini kita akan membahas kelebihan WiFi, serta kekurangannya. Karena itu, simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan WiFi vs Paket Data

Terdapat beberapa kelebihan dari internet wireless jika membandingkannya dengan paket data. Berikut ini adalah uraian lengkapnya:

1. Memiliki Jangkauan yang Lebih Luas

Kelebihan yang pertama adalah pada jangkauan akses internetnya. Jaringan WiFi dapat dengan mudah menjangkau tempat-tempat yang sulit mendapatkan akses internet.

Selain itu, karena jangkauannya cukup luas dibandingkan dengan hotspot paket data HP Anda, WiFi memungkinkan Anda untuk bekerja secara fleksibel dari mana saja. Namun, dengan catatan Anda masih ada jangkauan WiFi tersebut. Sebab, sekarang, WiFi gratis dapat Anda temukan di mana saja, seperti taman, café, dan tempat lainnya.

2. Akses Internet Unlimited

Kelebihan WiFi selanjutnya adalah dapat Anda gunakan secara terus menerus tanpa perlu mengisi ulang. Namun, Anda tetap harus membayar setiap satu bulan sekali.

Hal tersebut tentu sangat menguntungkan Anda, mengingat jika menggunakan paket data tentu membutuhkan proses isi data ketika kuotanya habis. Meski kuota memiliki paket data berdurasi satu bulan, tetapi belum tentu penggunaanya akan habis dalam 30 hari, bisa saja lebih cepat tergantung penggunaanya.

Jadi, kuota paket data yang seharusnya bisa cukup sampai satu bulan ternyata bisa habis dalam satu-dua minggu saja. Sehingga Anda harus mengisi kuota kembali dan menjadikan Anda lebih boros. Oleh sebab itu, merujuk pada hal tersebut, kesimpulan dalam hal ini WiFi lebih unggul dari paket data.

3. Lebih Bebas Mengakses Hiburan

Kuota unlimited dari WiFi akan membuat Anda bebas menikmati hiburan yang ada dalam internet. Misalnya, ketika Anda pulang bekerja dan butuh hiburan, Anda tidak perlu memikirkan sisa kuota yang Anda miliki untuk mengakses hiburan seperti video berukuran besar.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengunduh game besar yang ada di smartphone maupun di komputer Anda. Mengingat game zaman sekarang memiliki ukuran minimal 2GB, bahkan game komputer memiliki ukuran 5GB ke atas dan tidak bisa Anda download hanya dengan paket data di smartphone Anda.

Kekurangan WiFi

Selain kelebihan WiFi kamu juga harus mengetahui kekurangannya. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

1. Keamanan

Pengguna lain dapat terkoneksi dengan jaringan WiFi yang Anda miliki. Sehingga dapat membuat perangkat Anda disusupi hacker yang mengambil data pribadi Anda.

Karena Itu, Anda harus lebih protektif dalam menggunakan WiFi jika tidak ingin hal yang tidak Anda inginkan terjadi. Namun, sudah banyak perangkat WiFi yang telah memiliki fitur pendukung keamanan, seperti autentikasi WPA dan WEP.

2. Sinyal

Meski pada kinerja optimalnya WiFi dapat mengunduh data dengan cepat dibanding paket data HP. Namun, WiFi bisa memiliki gangguan pada sinyal pada kondisi tertentu. Misalnya, ketika Anda berada pada jangkauan yang cukup jauh dari sinyal.

3. Bandwidth Terbatas

Jika membandingkannya dengan internet kabel, jaringan WiFi memiliki kapasitas yang lebih kecil. Selain itu, bandwidth yang terbatas dapat dicuri oleh tetangga jika jaringan tidak terlindungi oleh password.

Sudah Paham Kekurangan dan Kelebihan WiFi?

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan WiFi vs paket data yang perlu Anda ketahui. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum memasang WiFi. Jika Anda membutuhkan jasa provider internet terbaik, maka Anda bisa mengunjungi internetcepat.id untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.