• WhatsApp : +62 811 633 0092
Apa itu SSID? Ini Definisi, Fungsi Utama, dan Jenis-jenisnya!

Apa itu SSID? Ini Definisi, Fungsi Utama, dan Jenis-jenisnya!

Kepanjangan dari SSID adalah Service Set Identifier. Umumnya, tools ini biasa digunakan dalam pengoperasian jaringan WiFi. Fungsinya sendiri, yaitu sebagai pembeda antara beberapa jaringan WiFi dalam suatu area tertentu. Bagi Anda yang penasaran tentang tools ini serta fungsi utamanya, yuk simak dalam artikel ini!

Apa itu SSID?

SSID adalah kepanjangan dari Service Set Identifier, tools ini merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh berbagai jaringan WiFi. Pada dasarnya, tools ini dapat terlihat ketika sebuah perangkat hendak menyambungkan koneksinya ke jaringan.

Nantinya, Service Set Identifier akan memproses koneksi agar perangkat dapat terhubung di dalamnya. Dengan kata lain, Service Set Identifier merupakan sebuah tempat untuk proses pengisian data AP atau Access Point

Sederhananya, Service Set Identifier adalah nama atau identitas dari jaringan WiFi. Di mana, ketika perangkat ingin tersambung di dalamnya, maka harus mencari nama yang sesuai dengan jaringan WiFi yang Anda gunakan tersebut.

Baca Juga: Cara Reset Router WiFi ke Setelan Pabrik dengan Mudah

Fungsi SSID

Setelah mengetahui definisinya, tentu Anda penasaran apa sebenarnya fungsi dari Service Set Identifier? Fungsi dari Service Set Identifier, yakni sebagai tools yang akan mengidentifikasi jaringan WiFi agar dapat tersambung dengan mudah. 

Ketika Anda ingin menggunakan jaringan WiFi, tentu perangkat Anda harus memilih jaringan mana yang akan di gunakan. Nah, pada setiap jaringan WiFi tentu memiliki nama ID yang berbeda beda. Jadi, pengenalan ID inilah yang bertugas sebagai password perangkat untuk dapat terhubung ke BSS (Base Station Subsystem).

Kemudian, jika terdapat banyak perangkat yang ingin terhubung dalam jaringan tersebut, maka perangkat harus memiliki ID jaringan yang sama. Sehingga, untuk itulah fungsi Service Set Identifier adalah sebagai penanda atau identitas jaringan yang dapat terakses oleh berbagai jenis perangkat.

Jenis-Jenis SSID

Setelah mengetahui fungsi, definisi dan kepanjangan dari SSID, berikut ini adalah jenis-jenis Service Set Identifier yang wajib Anda ketahui:

1. Hidden

Seperti namanya, hidden adalah jenis Service Set Identifier yang penggunaannya secara tersembunyi. Artinya, jaringan tersebut akan menyembunyikan ID agar tidak dapat terakses secara bebas. Namun, umumnya jenis hidden ini tidak sepenuhnya tersembunyi secara total. Karena, Windows 10 ternyata masih bisa mendeteksinya.

Pengguna tertentu yang telah mengetahui ID serta password juga masih dapat tersambung ke jaringan hidden ini. Selain itu, dengan adanya hidden, maka setiap perangkat yang ingin terhubung dalam jaringan WiFi harus memasukkan password terlebih dahulu. Biasanya, password tersebut merupakan ID dari jaringan itu sendiri.

2. Public 

Jenis Service Set Identifier kedua yakni public. Public adalah jenis jaringan yang dapat terakses secara bebas tanpa perlu otomasi pengisian ID dan juga kata sandi. Artinya, pengguna dapat mengakses jenis jaringan ini, bahkan ketika perangkat pengguna tidak mengetahui ID dan juga password jaringan.

Selain itu, penggunaan jenis Service Set Identifier ini umumnya berlokasi di area terbuka yang bersifat publik. Contohnya seperti taman rekreasi, kampus, dan beberapa fasilitas umum lain yang memiliki jaringan WiFi dengan akses gratis. Namun, biasanya public membatasi penggunaan jaringan sesuai dengan bandwidth.

Baca Juga: Cara Membatasi Pengguna WiFi demi Keamanan Jaringan Internet Anda

Sudah Paham dengan Apa itu SSID?

Intinya, SSID adalah nama jaringan WiFi atau internet yang menjadi identitas akses. Bicara soal WiFi dan internet, Yuk dapatkan koneksi internet stabil dengan harga murah hanya di Internet Cepat. Tersedia berbagai pilihan paket internet murah dengan koneksi stabil yang bisa Anda pilih sesuai budget. Buruan berlangganan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *