• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Reset Router WiFi ke Setelan Pabrik dengan Mudah

Cara Reset Router WiFi ke Setelan Pabrik dengan Mudah

Bagaimana cara reset router? Router merupakan perangkat yang perannya sangat penting. Selain berperan sebagai jembatan yang menghubungkan LAN dengan WAN, perangkat ini juga berperan sebagai Access Point.

Router akan memancarkan sinyal jaringan WiFi ke semua perangkat yang mempunyai wireless adapter. Namun terkadang perangkat ini juga tidak lepas dari gangguan yang menyebabkan kinerjanya tidak semulus seperti biasa. Router memang harus selalu aktif dan menyala agar koneksi jaringan selalu tersedia.

Masalah pada Router

Lalu bagaimana jika router mengalami masalah? Apa yang harus Anda lakukan? Masalah router sebenarnya termasuk umum. Biasanya router tidak merespons padahal SSID pada Access Point tersebut masih tetap bisa Anda akses. 

Akan tetapi, ketika perangkat Anda sudah terhubung, Anda tetap tidak dapat mengakses internet. Salah satu cara untuk mengatasi router yang error adalah melalui metode reboot. Cukup matikan dan nyalakan router kembali.

Lalu bagaimana jika masalah ini tetap terjadi? Bagaimana solusinya?

Cara Reset Router WiFi ke Settingan Default

Setidaknya ada dua metode yang bisa Anda lakukan untuk membuat router kembali berfungsi. Perlu Anda perhatikan bahwa setiap router mempunyai tombol yang berbeda. 

Ada tombol yang menjadi satu dengan tombol WPS. Namun ada juga router yang tombolnya ada di dalam. Jadi, cara reset router tersebut harus menggunakan SIM Ejector atau jarum. Berikut ini penjelasannya!

1. Cara Restart Router Secara Manual

Cara pertama untuk mengembalikan pengaturan router ke default bisa dengan cara manual. Anda cukup menekan tombol fisik yang terdapat pada router tersebut. Hanya saja, terkadang masing-masing router posisi tombolnya akan berbeda-beda.

Anda harus menemukan lokasi tombol router terlebih dahulu. Lalu bagaimana jika sudah menemukannya? Cara reset router-nya sangat mudah yaitu cukup menekan lalu menahan tombol restart tersebut. Tahan selama sekitar 10 detik sampai lampu indikator router menyala kembali seperti ketika pertama kali dinyalakan.

Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai. Sekarang router yang Anda gunakan memiliki pengaturan yang sama ketika Anda pertama kali membelinya di toko. 

2. Cara Reset Router dengan Mudah Melalui Web Service

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, Anda masih bisa mencoba cara yang satu ini. Tidak perlu khawatir karena sebenarnya cara reset yang kedua juga tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan laptop maupun komputer.
  • Hubungkan perangkat tersebut ke router menggunakan kabel LAN pada segmen alamat IP yang sama.
  • Setelah itu, masuk ke router melalui alamat IP. Caranya dengan buka browser dan masukkan alamat 192.168.0.1.
  • Lalu silakan mengisi username dan password. Keduanya bisa Anda isi dengan “Admin” (baik nama pengguna atau kata sandi).
  • Setelah berhasil login, maka Anda akan masuk ke tampilan web service router yang Anda gunakan.
  • Sekarang Anda perlu menuju ke menu “System Tool”.
  • Pilih “Factory Default”.
  • Klik “Restore”.
  • Nanti muncul pemberitahuan berupa dialog konfirmasi. Klik “OK”.
  • Router akan mulai melakukan reset sehingga kembali ke setting default.
  • Ketika sudah selesai, router akan menyala kembali dan kondisinya seperti ketika Anda baru membelinya dari toko.

Sebagai tambahan, biasanya merek atau tipe router memiliki pengaturan yang sedikit berbeda. Namun secara umum langkah-langkahnya hampir sama dengan yang ada di penjelasan di atas.

Sekian pembahasan seputar bagaimana cara reset router terbukti berhasil. Silakan Anda bisa mencoba kedua cara di atas, dimulai dari cara manual. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.