• WhatsApp : +62 811 633 0092
Alat yang Dapat Mengubah Sinyal Analog ke Digital dan Sebaliknya

Alat yang Dapat Mengubah Sinyal Analog ke Digital dan Sebaliknya

Apakah Anda tahu apa itu modem? Modem memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya. Perangkat yang satu ini punya peran penting karena mampu menghubungkan antar komputer atau laptop ke internet.

Selain pengubah sinyal, modem masih memiliki banyak sekali fungsi lainnya. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Modem

Modem atau modulator demodulator merupakan perangkat untuk menyambungkan komputer, smartphone, maupun laptop ke jaringan internet. Data yang diperoleh dari perangkat Anda merupakan data berbentuk digital.

Kemudian tugas modem yaitu mengubah data digital tersebut menjadi analog. Selanjutnya modem akan mengirimkan data berbentuk analog ke jaringan telekomunikasi.

Ketika data analog akan dikirimkan kembali pada perangkat komputer, smartphone, maupun laptop, modem mengubahnya lagi ke data digital. Dengan begitu perangkat Anda mampu membacanya.

Baca Juga: Apa Itu Modem? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Modem

Berdasarkan penjelasan sebelumnya sudah jelas bahwa modem merupakan alat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya. Akan tetapi, masih terdapat beberapa fungsi lain modem, yaitu:

1. Mengatur Koneksi Internet

Modem merupakan perangkat yang akan memastikan bahwa koneksi internet Anda mampu berjalan lancar. Perangkat tersebut memiliki fitur untuk mengatur parameter koneksi, misalnya kecepatan serta mode komunikasi. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pengalaman menggunakan internet tanpa lag.

2. Mengelola Jaringan

Melalui modem, Anda juga bisa mengelola jaringan lokal. Misalnya mengubah password WiFi, mengonfigurasi pengaturan jaringan, maupun memberikan batasan akses terhadap perangkat yang akan terkoneksi ke jaringan internet.

3. Mengamankan Koneksi

Fungsi modem yang kedua yaitu mengamankan koneksi internet yang Anda gunakan. Modem sudah dilengkapi fitur keamanan canggih yang akan memproteksi gawai Anda dari virus malware, maupun peretasan.

Melalui fitur tersebut, Anda dapat mengakses internet secara nyaman. Data-data Anda akan terjaga secara aman dari orang-orang yang berusaha mencurinya.

4. Menyediakan Akses WiFi

Saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fitur WiFi. Jadi Anda dapat membuat jaringan wireless di sekitar tempat kerja maupun rumah Anda.

5. Meneruskan Panggilan Telepon

Beberapa modem juga bisa Anda gunakan sebagai gateway telepon. Fungsi ini memungkinkan Anda menerima dan melakukan panggilan lewat jaringan internet dengan layanan Voice over Internet Protocol atau VoIP.

6. Menghubungkan Perangkat Eksternal

Fungsi berikutnya yaitu modem bisa menjadi perantara yang menghubungkan perangkat eksternal pada jaringan internet. Misalnya kamera keamanan, printer jaringan, maupun perangkat IoT (Internet of Things).

7. Membagi Koneksi Internet

Modem juga bisa Anda gunakan sebagai router. Melalui fungsi tersebut, Anda dapat membagi koneksi internet ke perangkat lain pada jaringan lokal.

Baca Juga: Cara Kerja Modem dan Komponennya untuk Internet Lebih Lancar

Jenis-jenis Modem

Sebagai alat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya, modem juga mempunyai beberapa jenis.

1. Modem Kabel

Modem yang menggunakan kabel dan disambungkan ke TV kabel. Biasanya provider yang memberikan layanan tersebut sudah memiliki fasilitas TV kabel.

2. Model Dial-up

Modem ini juga dinamakan modem analog. Alat yang memungkinkan perangkat Anda terkoneksi ke internet.

3. Modem DSL

Jika modem analog yang tersambung ke telepon serta membuat Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon, sementara modem Digital Subscribe Line memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon.

4. Modem CDMA

Modem yang menggunakan sim card dari ISP atau penyedia layanan. Bentuknya kecil dan bisa Anda bawa ke mana saja.

5. Modem GSM

Hampir sama dengan CDMA, GSM merupakan modem untuk jaringan seluler dan berbentuk sim card. Fungsinya adalah membuat ponsel Anda bisa terkoneksi ke ISP dan internet.

Baca Juga: Arti PON di WiFi, Indikator Konektivitas Internet di Modem

Sudah Paham Alat untuk Mengubah Sinyal Analog ke Digital?

Jadi, modem adalah alat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya. Alat ini mempunyai peran yang sangat penting karena berfungsi juga untuk memberikan keamanan saat Anda mengakses internet.

Perlu Anda tahu, sebagai salah satu provider internet terbaik Internetcepat.id selalu konsisten memberikan pelayanan terbaik. Di sini Anda akan mendapatkan internet rumah WiFi tanpa kabel yang super cepat dengan unlimited bandwidth. Layanan helpdesk 24 jam membantu Anda ketika mengalami masalah jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *