• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Memperluas Jangkauan WiFi Agar Nyaman Internetan

Cara Memperluas Jangkauan WiFi Agar Nyaman Internetan

Sekarang ini banyak orang bergantung dengan internet untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, untuk mempermudah akses internet biasanya menggunakan layanan WiFi. Namun tak sedikit juga orang yang sering mengeluh sinyal jelek. Berikut ini cara memperluas jangkauan WiFi yang bisa Anda terapkan. 

Cara Memperluas Jangkauan WiFi dengan Tepat

Terdapat beberapa tips atau cara menambah jangkauan WiFi khususnya di dalam rumah Anda. Tentunya cara-cara ini mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, antara lain:

1. Jauhkan Router dari Benda Elektronik Lain

Cara yang pertama dengan menjauhkan router WiFi rumah Anda dari perangkat elektronik lainnya. Beberapa perangkat elektronik yang ada di dalam rumah dapat mengeluarkan gelombang elektromagnetik. 

Dengan adanya gelombang elektromagnetik tersebut, ternyata dapat mengganggu sinya WiFi untuk sampai kepada pengguna. Contoh benda elektronik yang perlu Anda jauhkan dari router adalah microwave, speaker, dan telepon tanpa kabel. 

2. Meletakan Router pada Tempat Strategis

Berikutnya dengan meletakan router WiFi pada tempat yang strategis di dalam rumah Anda. Cara memperluas jangkauan WiFi ini perlu Anda perhatikan dengan baik karena posisi router bisa menjadi penentu sinyal bagus atau tidak.

Jika Anda memiliki rumah yang berukuran besar dan cukup luas, perlu memikirkan tempat yang cocok untuk router WiFi. Tempat yang strategis bisa Anda coba pada bagian tengah ruangan dan letakan di tembok atas dekat plafon. Lalu antena router Anda arahkan tegak lurus ke atas agar sinyal bisa menyebar secara merata. 

3. Menggunakan Access Point (AP) Tambahan

Untuk cara selanjutnya dengan menggunakan Access Point (AP) tambahan. Pada saat router WiFi Anda letakan di dalam rumah bagian ruang tengah, tidak selalu berarti sinyal bisa menjangkau area tertentu. Dengan begitu penyebaran dan penangkapan sinyal pada pengguna bisa saja tidak maksimal.

Jika Anda menggunakan AP tambahan, maka sinyal WiFi dapat menjangkau lebih luas seperti sudut rumah hingga teras. Sekarang ini sudah banyak router yang memiliki mode Access Point untuk memudahkan Anda nantinya. Cukup dengan menghubungkan AP pada router utama menggunakan kabel tambahan khusus. 

4. Menggunakan WiFi Extender/Repeater 

Salah satu cara memperluas jangkauan WiFi dapat menggunakan WiFi extender atau repeater. WiFi extender ini merupakan alat untuk menguatkan sinyal WiFi tanpa menggunakan kabel LAN seperti AP. Sehingga cara penggunaannya akan berbeda dengan Access Point (AP).

Cara pemasangan dan pemakaiannya juga mudah Anda lakukan sendiri. Namun tingkat kestabilan koneksinya akan memiliki perbedaan dengan AP yang memakai kabel LAN. Bentuknya yang ringkas sehingga mudah Anda letakan di mana saja. Mengenai dayanya, Anda bisa memakai kabel USB. 

5. Merubah Channel WiFi

Cara mengatur jangkauan WiFi rumah Anda bisa dengan mengganti channelnya. Pada umumnya sebuah WiFi menggunakan frekuensi untuk mengirimkan sinyal. Dengan frekuensi standar yaitu sebesar 2,4 GHz dan terdiri dari 14 channel.

Dalam mengganti channel WiFi harus melihat channel mana yang sedang kosong. Untuk mengeceknya, bisa mendownload aplikasi tertentu yang tersedia di Play Store (bagi pengguna Android). Jika sudah menemukan channel yang senggang, maka bisa langsung merubahnya melalui settingan modem Anda. 

Cara Memperluas Jangkauan WiFi Sangat Mudah, Bukan?

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi jika sudah membayar WiFi tepat waktu tapi internet masih lemot. Kemungkinan masalah yang terjadi biasanya terkait sinyalnya yang kurang baik dan tidak maksimal. Maka dari itu, Anda bisa melihat beberapa cara di atas untuk mengatasi masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.