• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Mengetahui Password WiFi dengan MAC Address, Mudah

Cara Mengetahui Password WiFi dengan MAC Address, Mudah

Apakah Anda pernah berada dalam situasi di mana Anda membutuhkan akses WiFi, tetapi lupa kata sandinya? Jangan khawatir, artikel ini akan memandu Anda bagaimana cara mengetahui password WiFi dengan MAC address di Android maupun PC. Siap untuk menemukan solusinya? Yuk, simak terus!

Sekilas Tentang MAC Address

MAC (Media Access Control) address adalah identifikasi unik yang dimiliki setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet, termasuk komputer, smartphone, dan router. MAC address terdiri dari serangkaian angka dan huruf seperti “00:1A:2B:3C:4D:5E”.

Dalam kata lain, MAC address umumnya diatur dalam format khusus yang membedakan satu perangkat dari yang lain dalam jaringan, mirip dengan alamat rumah. Oleh karena itu, dalam hal mengetahui password WiFi, MAC address berguna untuk mengenali perangkat yang telah terhubung ke jaringan tersebut.

Baca Juga: Mac Address: Pengertian, Fungsi, dan Cara Ceknya!

Cara Mengetahui Password WiFi dengan MAC Address

Jika Anda lupa dengan kata sandi WiFi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan MAC address. Berikut ini beberapa caranya.

1. Cara Mengetahui Password WiFi dengan MAC Address di PC

Cara pertama adalah menggunakan komputer yang sudah terhubung ke WiFi. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, cari tahu MAC address perangkat Anda menggunakan CMD.
  2. Kemudian, tekan shortcut Windows+R, lalu ketik keyword “CMD”.
  3. Setelah CMD terbuka, masukkan perintah “arp –a” lalu jalankan, maka data MAC address Anda akan tampil setelah beberapa saat.
  4. Unduh dan instal software jaringan seperti Cain & Abel, Wireshark, atau Technitium MAC Addres untuk menganalisis lalu lintas jaringan.
  5. Lalu, buka aplikasi dan ikuti petunjuknya untuk memantau lalu lintas jaringan dan menemukan MAC address Anda, lalu mulai ekstraksi password.

Perlu Anda ingat bahwa langkah-langkah spesifik di atas mungkin berbeda untuk setiap aplikasi. Sehingga, pastikan untuk mengikuti instruksi masing-masing pada aplikasi yang Anda gunakan. 

2. Cara Mengetahui Password WiFi dengan MAC Address di Android

Selain menggunakan PC, Anda dapat menggunakan ponsel Android kesayangan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Mulailah dengan mencari MAC address di menu pengaturan WiFi pada perangkat Android Anda yang sudah terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda ketahui kata sandinya.
  2. Jika opsi ini tidak tersedia, gunakan aplikasi pemindai jaringan pihak ketiga, seperti WiFi Analyzer atau Fing dari Playstore.
  3. Buka aplikasi dan mulai pemindaian jaringan. Setelah MAC address muncul, gunakan aplikasi pengambil password WiFi pihak ketiga, seperti WiFi WPS WPA Tester, zAnti, atau Change My MAC. 
  4. Terakhir, masukkan MAC address perangkat Anda di kolom yang tersedia dan mulai pemindaian untuk mengambil kata sandi WiFi.

Baca Juga: Cara Melihat MAC Address HP dan Laptop dengan Mudah

Cara Mengetahui Password WiFi dengan MAC Address Mudah, Bukan?

Dari penjelasan tersebut, Anda kini pasti lebih tahu bahwa MAC address adalah alamat unik yang dimiliki tiap perangkat yang terhubung ke internet. Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi dan alamat unik ini, Anda dapat mengetahui password jaringan WiFi Anda. 

Namun, cara ini bisa disalahgunakan oleh beberapa orang, sehingga penting untuk memiliki jaringan internet yang aman, cepat, dan stabil. Pilihlah provider terpercaya seperti InternetCepat yang menyediakan layanan internet terbaik dengan paket unlimited bandwidth yang anti nge-lag.

Dengan legalitas yang terjamin, jam terbang tinggi, serta dukungan 24/7, banyak pihak mempercayai provider ini. InternetCepat juga menyediakan kebutuhan internet untuk ekosistem rumah tangga dan kantor, termasuk pasang WiFi, Internet Dedicated, internet CCTV, IP Transit, dan berbagai layanan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *