• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Laptop: Internal & Eksternal

Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Laptop: Internal & Eksternal

Ada kalanya sinyal WiFi akan melemah, apalagi saat Anda sedang membutuhkan koneksi internet secara mendadak. Untuk mencegah masalah ini, Anda perlu tahu cara menguatkan sinyal WiFi di laptop, mulai dari penyesuaian pengaturan hingga penggunaan alat tambahan. Ingin tahu lebih lanjut? Simak di bawah ini!

Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Laptop

Saat menggunakan internet dengan WiFi, pada dasarnya Anda memakai 2 perangkat sekaligus, yakni laptop dan router. Hubungan antara keduanya sangat berpengaruh pada kejernihan sinyal WiFi Anda. Maka dari itu, Anda harus mengoptimalkan keduanya sehingga sinyal lebih kuat.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Laptop Windows 10

Mari kita mulai dengan penyesuaian pengaturan perangkat pada laptop terlebih dahulu. Setelah itu, kita akan mengoptimalkan router. Berikut adalah cara untuk meningkatkan kinerja WiFi pada laptop.

  • Tekan logo “Windows” di keyboard Anda atau di sebelah kiri bawah layar,
  • Masuk ke bagian “Settings/Pengaturan”,
  • Pilih menu “Network & Internet”,
  • Klik opsi “Change Adapter Option”,
  • Akan muncul jendela baru “Network Connections”. Klik kanan pada koneksi WiFi Anda, lalu pilih “Properties”,
  • Tekan tombol bertuliskan “Configure”,
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi “Roaming Aggressiveness”,
  • Pada kolom di sebelah kanan biasanya tertulis “3. Medium”. Klik tanda panah ke bawah pada kolom tersebut dan pilih “5. Highest”,
  • Tekan “Done”.

Untuk seketika, koneksi WiFi Anda akan terputus karena laptop Anda sedang mengaplikasikan perubahan. Tak perlu khawatir, karena WiFi akan tersambung secara otomatis setelah pengaturan diterapkan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa pengaturan ini membuat WiFi card di laptop Anda bekerja lebih keras. Maka dari itu, penggunaan baterai Anda kemungkinan besar akan lebih boros. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet agar Pekerjaan Lancar

2. Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Laptop Secara External

Setelah mengoptimalkan pengaturan laptop, masih banyak faktor yang bisa memengaruhi sinyal WiFi. Berikut adalah faktor-faktor yang berpengaruh beserta solusinya. 

1. Posisi Router

Jarak antara router dan perangkat sangat memengaruhi kuat-lemahnya sinyal. Pada saat Anda akan menempatkan router di rumah, sebaiknya posisikan router di tengah-tengah rumah sehingga seluruh bagian rumah mendapatkan sinyal yang setara.

Dinding, pintu atau perabotan lain dapat mengurangi kekuatan sinyal WiFi, jadi sebaiknya tempatkan router di tempat tinggi yang tak terhalang. Terlebih, hindarkan router dari perangkat elektronik lain seperti speaker Bluethooth atau microwave karena keduanya juga mengeluarkan frekuensi sendiri.

2. Ubah Posisi Antena Router 

Perlu Anda ketahui bahwa sinyal yang dipancarkan mengarah tegak lurus dari arah antena. Maksudnya, sebaiknya arahkan antena ke atas karena sinyal akan menyebar ke kiri dan kanan.

3. Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna WiFi juga berpengaruh pada kekuatan sinyal. Maka dari itu, sering kali WiFi di kafe yang sepi lebih cepat daripada di warkop yang ramai. Pada saat di rumah, matikan koneksi WiFi pada perangkat seperti TV atau ponsel yang tidak digunakan sehingga laptop Anda mendapat sinyal yang lebih baik.

4. WiFi Repeater

WiFi repeater adalah salah satu cara membuat penguat sinyal WiFi di laptop. Ini adalah perangkat lain yang dapat memperkuat sinyal WiFi di tempat yang sulit dijangkau oleh router.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik untuk HP dan PC

Jangan Khawatir Sinyal Lemot Lagi!

Ada berbagai cara menguatkan sinyal WiFi di laptop secara eksternal. Umumnya, Anda dapat mereset atau mengupgrade kedua perangkat apabila telah lama digunakan. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir akan sinyal lemot yang dapat mengganggu produktivitas Anda.

Apabila Anda sering menggunakan WiFi untuk produktivitas di rumah, menggunakan provider yang bagus juga merupakan solusi. Anda bisa memercayakan urusan internet pada Internet Cepat. Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan, termasuk Internet Rumah Tanpa Kabel

Layanan tersebut memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan kecepatan hingga 10Mbps hanya dengan Rp499 ribu rupiah. Jika ada kesalahan, tim yang siap 24 jam akan segera membantu. Ingin ganti WiFi tapi masih bingung yang mana? Pilih Internet Cepat saja! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *