• WhatsApp : +62 811 633 0092
5 Cara Restart WiFi Saat Koneksi Internet Bermasalah, Mudah

5 Cara Restart WiFi Saat Koneksi Internet Bermasalah, Mudah

Sudah menjadi rahasia umum jika internet lambat dapat Anda atasi dengan me-restart WiFi. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara restart WiFi, karena beberapa orang generasi boomer masih banyak yang tidak paham dengan teknologi. Untuk itu, artikel ini akan membantu dengan membahas beberapa langkah mudah restart router WiFi!

5 Cara Restart WiFi, Solusi Mudah Bila Internet Ngadat!

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk restart router, lho. Berikut ini 5 cara yang paling umum digunakan!

1. Tekan Tombol Restart pada Router

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan tombol restart yang ada pada perangkat router. Anda bisa mencari tombol dengan icon atau label restart pada bagian belakang router. Tekan tombol dan proses restart akan terjadi secara otomatis. 

Disclaimer, tombol restart tidak selalu tersedia pada perangkat router. Ada beberapa jenis atau tipe router yang membuat model tanpa fitur tombol tersebut dengan berbagai alasan. Jadi, jika Anda tidak menemukan tombol dengan fitur tersebut, Anda bisa mencoba beberapa cara berikutnya.

Baca Juga: 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi HP Lemah Padahal Dekat Router

2. Manfaatkan Tombol Power pada Router

Cara restart WiFi berikutnya adalah dengan memanfaatkan tombol power, untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali perangkat router Anda. Proses ini sebenarnya sama dengan restart versi manual.

Anda bisa menekan tombol power untuk mematikan perangkat router, lalu tunggu beberapa saat hingga seluruh lampu indikator mati. Jangan langsung menyalakan perangkat, diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power.

3. Mencabut Stop Kontak untuk Memutus Aliran Listrik

Dalam beberapa kasus, mencabut stop kontak adalah cara restart router WiFi yang paling efektif. Umumnya, cara ini akan efektif apabila router berada pada posisi yang tinggi, sehingga akan sulit untuk menjangkau tombol restart atau power pada router

Dengan memutus aliran listrik, secara otomatis router akan mematikan seluruh fungsinya. Setelah mendiamkannya beberapa saat, Anda bisa nyalakan kembali untuk mengakses layanan internet seperti biasa.

4. Tombol atau Lubang Reset

Untuk para penyedia layanan ISP, pastinya sudah tidak asing dengan fitur reset yang umumnya menggunakan tombol atau lubang tersembunyi. Saat Anda menekan tombol tersembunyi itu, proses reset akan terjadi dan membuat seluruh konfigurasi router kembali ke setelan pabrik.

Walaupun cukup efektif, namun cara restart WiFi ini tidak disarankan untuk pemula. Pasalnya, setelah melakukan reset, Anda perlu melakukan konfigurasi dan biasanya hanya diketahui oleh teknisi ISP yang Anda gunakan. 

5. Menggunakan Pengaturan Virtual

Pada dasarnya, setiap jaringan WiFi yang Anda gunakan memiliki pengaturan virtual yang dapat Anda operasikan dengan membuka alamat IP tertentu pada browser device yang terhubung. Untuk mencoba cara restart perangkat WiFi ini, Anda perlu mencari IP yang benar, bisa jadi 192.168.0.1, 192.168.1.1 atau 10.1.10.1.

Setelah membuka IP yang benar, Anda akan beralih ke portal pengaturan virtual. Anda perlu login untuk membuktikan Anda memiliki hak akses yang jelas. Setelah masuk halaman utama, Anda bisa membuka menu “System Tools” atau mencari opsi “Reboot” untuk melakukan restart WiFi secara virtual.

Baca Juga: 5 Sebab Kenapa WiFi Tidak Bisa Tersambung Padahal Sandi Benar

Cara Restart WiFi Mudah, Bukan?

Kesimpulannya, cara restart WiFi dapat Anda lakukan secara fisik maupun virtual yang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Terutama untuk mencabut stop kontak secara langsung yang menimbulkan risiko korsleting atau tombol reset yang harus Anda atur ulang dari setelan pabrik.

Untuk itu, jika Anda memang mengalami masalah dan memang harus melakukan reset, ada baiknya Anda konsultasi dengan pihak ISP terlebih dahulu. Maka dari itu, memilih ISP dengan support system yang baik seperti InternetCepat adalah solusi paling bijak. 

Pasalnya, layanan tim support InternetCepat bisa Anda hubungi 24 jam nonstop. Dengan begitu, Anda tidak perlu panik jika memang terjadi masalah pada jaringan internet Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *