• WhatsApp : +62 811 633 0092
Super Efektif! Ini Dia 7 Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game

Super Efektif! Ini Dia 7 Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game 

Pasti sebel banget ketika “Booyah!” di depan mata, tapi gagal karena HP ngadat. Walaupun sering menimpa para gamer, namun masih saja banyak yang tidak tahu cara mengatasi HP lag saat main game yang efektif. Jika Anda merasakan hal yang sama, beberapa cara ini mungkin bisa jadi solusi.

Baca Juga: 5 Cara agar Koneksi Internet Stabil saat Main Game Online

7 Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game

Pasti Anda pernah merasakan keseruan main game buyar karena HP tidak bersahabat. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi HP sering lag? Yuk, langsung simak penjelasan berikut!

1. Aktifkan Mode Booster Gaming

Beberapa device game terbaru, menyertakan mode booster yang dapat meningkatkan performa HP saat bermain game. Selain software bawaan, Anda juga dapat menginstal mandiri aplikasi booster yang recommended! Cara ini cukup ampuh mengatasi HP lemot saat bermain game.

2. Stop Multi Tasking

Saat bermain game, pastikan untuk tidak membebani perangkat ponsel Anda dengan membuka banyak aplikasi lain yang tidak terpakai. Bahkan, aplikasi yang berjalan di layar belakang masih membutuhkan dukungan RAM yang dapat mengganggu performa HP. Matikan atau hentikan sementara aplikasi tidak penting sebelum bermain game!

3. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cara mengatasi HP lag saat main game berikutnya adalah dengan rutin membersihkan cache. File cache sebenarnya bukan sampah, namun penyimpanan sementara yang membuat aplikasi lebih cepat digunakan. Sayangnya, jika data lama tertumpuk dengan data baru, aplikasi game bisa saja crash dan membuat HP lag saat Anda mainkan.

4. Buat Ruang Penyimpanan Lebih Lega

Ruang penyimpanan yang hampir penuh sangat berpengaruh pada performa HP saat bermain game, untuk itu Anda perlu membuat storage lebih lega dengan berbagai cara. Mulai dengan menghapus file yang sudah tidak terpakai, memindahkan file besar ke perangkat lain atau menghapus aplikasi yang jarang Anda gunakan.

5. Mainkan Game dengan Versi Terbaru

Untuk beberapa game online seperti Free Fire, HP bisa saja crash jika Anda mainkan versi lama. Proses sinkronisasi data dari server dan simpanan HP yang berbeda akan membuat aplikasi gagal muat. Jadi, jika Anda sering gagal “Booyah!”, cara mengatasi HP lag saat main game Free Fire bisa Anda coba update terlebih dahulu sebelum bermain!

6. Matikan Mode Hemat Daya

Kebanyakan smartphone terkini memiliki fitur hemat daya, yang otomatis aktif saat daya rendah. Namun, fitur ini sebenarnya mengurangi beban HP dengan menonaktifkan beberapa mode dan pengaturan. Hal ini dapat memengaruhi performa HP saat Anda gunakan bermain, jadi pastikan mode hemat daya sudah Anda matikan sebelumnya!

7. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Baik sinyal data maupun WiFi, pastikan untuk menggunakan yang terbaik. Anda perlu meningkatkan bandwidth dan memilih ISP terpercaya, untuk mendapatkan akses internet yang stabil. Anda juga dapat mengaktifkan kedua jaringan untuk metode backup jika salah satunya bermasalah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Koneksi Lancar Tapi Tidak Bisa Main Game Online 

Kini Anda Tahu Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game!

Dari penjelasan tersebut, kondisi perangkat, storage, dan konfigurasi pengaturan gaming menjadi aspek penting dalam cara mengatasi HP lag saat main game. Selain dari sisi perangkat, Anda juga perlu memperhatikan jaringan internet yang Anda gunakan. 

Pasalnya, game seperti Free Fire membutuhkan koneksi cepat dan harus stabil, karena game Anda mainkan secara online dan real-time. Untuk itu, penting memilih ISP terbaik dan terpercaya yang menyajikan dan menjamin internet cepat dan stabil seperti InternetCepat.

Pasalnya, ISP ini merupakan provider internet terbaik dengan full support 24/7. InterncetCepat juga menyediakan layanan unlimited bandwidth tanpa FUP demi kenyaman para pelanggan. Fasilitas InternetCepat terdiri dari berbagai layanan internet terbaik seperti internet rumah, private network kantor, CCTV, dan kebutuhan internet lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *