• WhatsApp : +62 811 633 0092
Apa Itu DNS? Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Apa Itu DNS? Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Apa itu DNS? DNS adalah singkatan dari Domain Name Server. Bagi yang sudah berpengalaman di dunia IT, tentu istilah ini bukan sesuatu yang baru. Dengan adanya Domain Name Server inilah para pengguna jadi lebih mudah ketika mereka ingin mengakses sebuah website karena tidak perlu memasukkan alamat IP.

Misalnya, ketika Anda mengunjungi website di intercepat.id. Pada bagian search bar, Anda tinggal mengetik nama website tersebut daripada harus memasukkan alamat IP 104.20.30.244. Pembahasan selengkapnya, silakan simak di sini!

Apa Itu DNS?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, DNS adalah singkatan dari Domain Name Server, yang merupakan sebuah sistem yang mengoneksikan URL ke IP address. Secara normal, untuk bisa mengakses internet, maka Anda harus mengetik alamat IP website yang Anda tuju.

Tentu ini cukup merepotkan karena itu berarti Anda harus mempunyai daftar alamat IP dari website atau situs-situs yang ingin Anda kunjungi. Belum lagi Anda harus hafal alamat tersebut dan ketika memasukkannya pun memerlukan waktu cukup lama.

Untungnya, adanya DNS ini akan meringkas pekerjaan yang merepotkan tersebut. Anda hanya cukup mengingat nama domain website yang akan Anda kunjungi. Setelah itu Anda bisa langsung mengetik nama website tersebut ke address bar

Selanjutnya, Domain Name Server akan mulai menerjemahkan domain Anda ke IP address sesuai yang dipahami komputer.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Domain Name Server bekerja melalui beberapa tahapan. Proses tersebut bermula dari meminta informasi. Selanjutnya, masuk ke tahapan yang lain seperti DNS recursion, TLD name server, dan sebagainya. Ini dia penjelasan selengapnya:

  • DNS Query: istilah di mana Domain Name Server meminta informasi terkait alamat IP. Proses ini berlangsung ketika Anda memasukkan URL ke search bar.
  • Recursive Query: pengguna dapat memberikan hostname dan Domain Name Server Resolver harus memberikan jawaban. Terdapat dua kemungkinan jawaban yaitu DNS menyediakan informasi yang sesuai atau browser memunculkan pesan error karena informasi tidak dapat ditemukan.
  • Iterative Query: pengguna memasukkan hostname. Domain Name Server Resolver akan mulai mencari cache yang sesuai di memori. Jika belum berhasil, maka sistem mulai mencarinya pada Authoritative Name Server dan Root Server.
  • Non-recursive Query: proses mencari informasi tercepat karena data sudah tersimpan di cache.
  • DNS Recursive Resolver atau DNS Recursor: ketika pengguna memasukkan URL namun tidak menemukan hasil yang sesuai, sistem mulai mencari informasi di cache ISP.
  • Root Name Server: database yang menjawab beragam pertanyaan seputar DNS serta IP address.
  • TLD Name Server: sistem yang akan membaca beragam informasi sesuai top-level domain seperti .EDU, .COM, .AU, dan sebagainya.
  • Authoritative Name Server: server yang mempunyai seluruh informasi terkait website yang Anda cari.

Fungsi DNS

Sebenarnya, Domain Name Server mempunyai fungsi yang banyak. Tidak heran perannya sangat penting ketika Anda akan mengakses website. Beberapa fungsi DNS adalah seperti berikut:

  • Melakukan pencarian server yang tepat ketika Anda mengirim e-mail.
  • Mengolah informasi URL yang nantinya akan disesuaikan dengan alamat IP.
  • Memperoleh informasi terkait alamat IP pada website yang telah diketahui nama domainnya.
  • Melakukan pencarian data pada cache. Jika Anda sudah pernah mengakses sebuah website sebelumnya, Domain Name Server cukup melakukan pengecekan melalui data cache tersebut. Setelah itu, ia akan menjalankan fungsi recall history hingga muncul tampilan website yang Anda cari.
  • Mempermudah sistem komputer pada saat melakukan identifikasi alamat website. Ini bisa terjadi karena cukup dengan membacanya lewat alamat IP.

Sudah Paham Sekarang?

Demikian informasi tentang Domain Name Server. Jadi, DNS adalah sistem yang perannya sangat penting untuk memudahkan pengguna menemukan website yang dicari. 

Bagi yang memerlukan koneksi internet ngebut dengan biaya terjangkau, internetcepat.id adalah jawabannya. Sebuah provider yang menjadi solusi di kantor, rumah, sekolah, dan tempat-tempat lain yang memerlukan internet tanpa lelet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.