• WhatsApp : +62 811 633 0092
5 Keunggulan Internet Fiber Optik yang Wajib Anda Ketahui!

5 Keunggulan Internet Fiber Optik yang Wajib Anda Ketahui!

Perusahaan besar atau pemerintah yang membutuhkan kecepatan transfer sangat cepat sering menggunakan internet fiber optik. Banyak orang memilih teknologi ini karena memiliki tingkat kehilangan data yang paling rendah, media transfer data yang paling efisien, dan memiliki bandwidth yang besar.

Pengertian Internet Fiber Optik

Fiber optik internet adalah paket layanan internet yang memanfaatkan kabel jaringan fiber optik yang memiliki kapasitas bandwidth lebih tinggi. Dengan demikian, kecepatan transmisi datanya mencapai Gigabit per detik (Gbps) dan jaminan kualitas jaringan (SLA) hingga 99,5%.

Layanan ini sesuai untuk bisnis yang menggunakan berbagai aplikasi pengelolaan usahanya, termasuk aplikasi keuangan, aplikasi database online, aplikasi SAP, dan aplikasi online lainnya. Sebab, fiber optic memanfaatkan teknologi metro ethernet dan FTTH.

Layanan internet fiber optik ini dilakukan melalui kerja sama dengan beberapa penyedia jaringan. Selain itu, fiber optic ini menjangkau lebih dari 250 gedung perkantoran dan jalur utama ke kota-kota penting lainnya di Indonesia.

Keunggulan Jaringan Fiber Optik

Di bawah ini merupakan keunggulan dari fiber optic yang wajib Anda ketahui, antara lain:

1. Tidak Terkena Gangguan Sinyal

Data dapat ditransmisikan lebih cepat melalui koneksi fiber optik daripada melalui kabel koaksial atau koneksi nirkabel. Selain itu, kecepatannya stabil dan tidak terpengaruh oleh faktor luar, seperti perubahan cuaca yang ekstrim, dll.

Kemudian, Anda harus tahu juga bahwa kabel fiber optik tidak menggunakan listrik. Oleh karena itu, ketika ada interferensi elektromagnetik, kabel ini tidak akan terpengaruh. Kabel ini juga memiliki resistansi yang tinggi. Maka tidak heran jika bisnis besar banyak menggunakan internet fiber optik ini.

2. Kemungkinan Kehilangan Data Rendah

Anda tidak usah mempertanyakan stabilitas dan kecepatan akses kabel dari fiber optik ini. Bahkan, meski kecepatan aksesnya yang tinggi, kabel ini dapat mengurangi kemungkinan kehilangan data. Jadi, bagi pengguna kabel ini tidak perlu khawatir terkait validitas data yang ditransfer.

3. Dapat Mengirim Data dalam Jumlah Besar

Kemampuan untuk mengirim data dalam jumlah besar dengan kecepatan hingga beberapa gigabyte per detik adalah manfaat berikutnya. Karena itu, banyak bisnis besar menggunakan kabel jenis ini untuk jaringan telepon dan komputer mereka.

4. Membawa Sinyal dalam Jarak yang Jauh

Fiber optic dapat membawa sinyal dengan mempertahankan kualitas fungsinya meski dalam jarak yang cukup jauh. Kinerja ini lebih baik jika dibandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik pada umumnya.

Bahkan, fiber optik tidak memerlukan repeater (penguat sinyal) dan biasanya akan dipasang pada jarak yang cukup jauh jika diperlukan (sekitar 50-100 km). Selain itu, penambahan cakupan pada koneksi internet fiber optik yang cukup mudah dilakukan menjadikannya ideal untuk bisnis yang sedang berkembang.

5. Pemanfaatan Cahaya

Faktor lain yang menjadikan fiber optic sebagai layanan internet tercepat adalah penggunaan cahaya inframerah sebagai media transfer komunikasi. 

Alasannya adalah sinyal listrik yang dikirim melalui kabel logam tidak dapat merambat sejauh cahaya. Selain itu, inti serat kaca dapat mengirimkan informasi secepat 69% kecepatan cahaya.

Tertarik Menggunakan Internet Fiber Optik?

Itulah penjelasan mengenai internet fiber optik serta keunggulannya. Meski fiber optik memiliki keunggulan di atas, tetapi ada faktor lain yang menentukan semua itu, yakni faktor  providernya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan provider internet yang berkualitas. Salah satunya, Anda dapat menggunakan provider internetcepat. 

Internet Cepat merupakan provider internet dengan support 24 jam dan kunjungan teknisi gratis. Anda juga dapat merasakan internet kantor tanpa batas kuota, tanpa Fair Usage Policy (FUP), dan tanpa lelet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.