• WhatsApp : +62 811 633 0092
FUP Adalah: Tujuan, Contoh, Kelebihan, dan Kelemahan

FUP Adalah: Tujuan, Contoh, Kelebihan, dan Kelemahan

Salah satu istilah yang bisa Anda temukan saat akan berlangganan paket internet terutama unlimited yaitu FUP. Bagi para pengguna internet, FUP adalah hal yang wajib Anda ketahui sebagai bentuk antisipasi jika Anda mengalami masalah koneksi internet lemot. Lalu apa itu definisi, tujuan, contoh, kelebihan, dan kelemahannya? 

Pengertian

FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, yang diartikan sebagai sebuah kebijakan atas batas pemakaian wajar paket internet unlimited yang diberlakukan oleh setiap provider. Hal ini berarti bahwa setiap paket internet unlimited yang Anda beli setiap bulannya memiliki batas wajar pemakaian. 

Jadi ketika pemakaian sudah mencapai batas wajarnya, maka kecepatan transfer data akan semakin berkurang. Nah kebijakan dari pembatasan inilah yang disebut dengan FUP. Lalu apa tujuan dari pembatasan ini?

Tujuan

Tujuan dari penerapan FUP ini adalah agar semua pengguna internet bisa mendapatkan pengalaman berselancar yang sama. Hal ini karena penggunaan bandwidth berlebihan akan memperlambat koneksi untuk sebagian pengguna lainnya.

Nah dengan adanya pembatasan inilah, kecepatan transfer data akan berlangsung dengan seimbang. Dengan kata lain, tujuan dari pembatasan ini untuk menciptakan keadilan bagi semua pengguna paket unlimited.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk menggunakan internet sesuai kebutuhan agar paket berlangganan unlimited tersebut bisa digunakan selama sebulan secara lancar. Untuk lebih jelasnya mengenai FUP, contoh kasus ini mungkin bisa membantu Anda.

Contoh Kasus

Misalnya Anda membeli paket internet dengan batas bulanan FUP sebesar 5GB. Maka Anda bisa mendapatkan akses internet dengan kecepatan maksimal selama paket berlaku dan sebelum batas penggunaan 5GB tersebut.

Jika penggunaan Anda sudah melebihi 5GB, Anda memang masih bisa mengakses internet, tetapi kecepatannya akan melambat. Biasanya dalam tahap ini Anda harus benar-benar ekstra bersabar karena kecepatan internet terutama saat membuka Google atau website di browser akan sangat lambat.

Untuk mengakali hal ini biasanya provider menyediakan layanan ekstra kuota. Selain itu, ada juga istilah batas harian FUP, di mana penggunaan internet Anda akan dibatasi kecepatannya secara harian.

Sebagai contoh, Anda membeli paket internet unlimited bulanan dengan batas harian FUP adalah 1GB. Artinya, dalam satu hari tersebut Anda hanya bisa mengakses internet dengan kecepatan penuh hingga 1GB saja. Apabila lebih, maka kecepatan internet Anda akan turun.

Kelebihan dan Kelemahan 

Adapun kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan FUP adalah tidak ada batasan pemakaian kuota. Sehingga walaupun sudah melebihi batas pemakaian, Anda masih bisa mengakses internet. 

Berbeda halnya jika Anda menggunakan paket biasa, di mana Anda tidak akan bisa mengakses internet sama sekali saat kuota habis.

Namun kelemahannya yaitu saat Anda memakai internet melewati batas pemakaian wajar, maka secara otomatis kecepatan internet akan berkurang dan pada tahap ini perlu kesabaran yang tinggi karena kecepatannya yang sangat lambat.

Bagi Anda para mahasiswa atau pekerja yang memiliki banyak tugas deadline, penggunaan paket ini tidak direkomendasikan. Namun jika memang Anda tetap ingin menggunakannya, solusinya yaitu Anda harus merogoh dana lebih untuk membeli ekstra atau booster kuota.

Sudah Tahu Apa itu FUP?

FUP adalah kebijakan yang bisa membantu jika Anda ingin memiliki paket internet bulanan yang selalu ada (unlimited). Namun Anda perlu kesabaran ekstra saat paket tersebut mencapai batas pemakaian maksimum. 

Jadi bijaklah dalam memilih paket internet, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya. Tak lupa, Anda juga perlu jeli memilih provider yang menawarkan layanan internet terpercaya seperti halnya internetcepat.id. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.