• WhatsApp : +62 811 633 0092
Apa Itu Incognito Mode? Cari Tahu Definisi dan Manfaatnya

Apa Itu Incognito Mode? Cari Tahu Definisi dan Manfaatnya

Dalam sebuah browser, incognito mode adalah salah satu fitur yang cukup banyak menawarkan manfaat bagi penggunanya. Terutama terkait aspek keamanan penggunaan internet. Namun di luar pengetahuan tersebut, masih banyak yang bisa Anda ketahui tentang apa itu incognito mode sebenarnya. 

Pengertian Incognito Browser 

Incognito mode adalah sebuah fitur yang umumnya Anda kenal ada pada Google Chrome. Namun, fitur tersebut sebetulnya bisa ada di berbagai macam jenis browser yang bisa Anda temui di internet. Hanya saja, istilah yang digunakan dalam menjelaskan apa itu incognito mode dalam pengaplikasian tersebut bisa berbeda. 

Secara teknis, fitur yang bisa Anda temukan pada browser ini memiliki fungsi proteksi kepada pengguna komputer. Keamanan yang fitur incognito tawarkan berbentuk sistem yang membuat aktivitas internet penggunanya tidak dapat terlacak. Riwayat pencarian dan akses atau history juga akan langsung terhapus secara otomatis. 

Manfaat Fitur Incognito 

Sebagai sebuah fitur, tentu fitur incognito mode adalah sarana yang menawarkan ragam manfaat. Anda dapat menemukan beberapa keuntungan dalam menggunakan fitur ini saat browsing

Selain di Google Chrome, ada juga di browser lainnya. Fitur ini juga dikenal dengan nama private browser. Jadi, Anda tidak perlu repot install aplikasi khusus dan bisa memanfaatkan fitur incognito secara mudah. Adapun manfaat dari penggunaan fitur ini antara lain:  

1. Menjaga Privasi di Perangkat Umum 

Kamu yang bekerja menggunakan laptop kantor alangkah baiknya untuk senantiasa menggunakan fitur incognito saat browsing. Sebagaimana yang kalian ketahui, laptop kantor merupakan perangkat umum yang suatu saat perlu kamu kembalikan atau tukar secara tiba-tiba. Agar menjaga privasi, incognito mode adalah jawabannya. 

Selain itu, dengan menggunakan mode keamanan ini, kamu tidak perlu khawatir pihak kantor melacak aktivitas internet yang Anda lakukan. Dengan kata lain, fitur satu ini sangat memberikan manfaat dalam menjaga keamanan privasi Anda di dunia maya. Maka tidak aneh banyak yang memahami dan mulai memanfaatkan keuntungannya. 

2. Terbebas dari Iklan yang Tidak Sesuai 

Iklan merupakan salah satu elemen yang sering membuat aktivitas browsing jadi tidak nyaman. Apalagi jika Anda terus mendapatkan personalisasi iklan berdasarkan apa yang Anda cari, tentu hal tersebut akan memengaruhi perilaku Anda sebagai konsumer yang dapat membawa dampak buruk. Untungnya, fitur incognito bisa jadi solusi. 

Namun, jangan berharap bahwa dengan menggunakan fitur incognito, iklan akan hilang. Pasalnya, hal tersebut memang sudah jadi bagian dari perkembangan internet saat ini. Akan tetapi, Anda bisa menghindari iklan yang tampil tidak relevan sehingga membuat Anda tidak jadi konsumtif. 

3. Dapat Menggunakan Beberapa Akun Sekaligus 

Sudah bukan jadi hal baru lagi jika Anda memiliki beberapa akun di dunia maya. Hal tersebut umumnya dilakukan untuk memisahkan kepentingan kerja dan juga personal. Agar kedua akun tetap terjaga rahasianya, Anda bisa menggunakan incognito mode pada browser. Anda dapat menggunakan fitur tersebut dengan lebih dari satu akun. 

Cara paling mudah adalah dengan membuka dua jendela incognito pada browser Anda. Selanjutnya, di masing-masing jendela, Anda tinggal login dengan akun pribadi dan profesi untuk membagi aktivitas dengan aman. Anda tidak perlu lagi khawatir akan keamanan dari setiap aktivitas internet yang Anda lakukan. 

Sudah Paham dengan Incognito Sekarang?

Incognito mode adalah sebuah fitur yang cukup revolusioner. Terlebih saat ini ada banyak kasus kebocoran dan penyalahgunaan data dari aktivitas internet. Maka dari itu, selalu gunakan fitur tersebut kapan pun dan di mana pun Anda berada. 

Untuk proteksi tambahan, Anda juga bisa berlangganan VPN premium untuk koneksi internet cepat dan aman di Internetcepat.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.