• WhatsApp : +62 811 633 0092
Mengenal Fungsi IP Address WiFi dan Cara Mengetahuinya 

Mengenal Fungsi IP Address WiFi dan Cara Mengetahuinya 

Bagi pengguna internet secara umum, memahami tentang IP address WiFi bukanlah sebuah keharusan. Namun, memiliki informasi tentang cara mengetahui IP address WiFi untuk urusan pekerjaan, jadi hal yang bermanfaat. Untuk sekadar cek IP address WiFi, Anda bisa melakukannya secara mudah, dengan laptop atau smartphone saja. 

Fungsi IP Address 

Sebelum mulai mencari tahu tentang cara melihat IP address WiFi, alangkah baiknya Anda memahami secara singkat fungsi dari elemen internet tersebut. Secara pengertian, IP address merupakan rangkaian angka yang berperan sebagai identitas jaringan internet Anda. 

Kegunaan dari identitas tersebut adalah agar internet dapat mengenali jaringan yang Anda miliki untuk bisa terhubung ke dunia maya. 

Secara fungsi, IP address memastikan agar jaringan yang terhubung tepat dan tidak tersebar ke mana-mana. Sehingga data yang Anda terima ketika menggunakan internet bisa optimal yang berpengaruh terhadap kecepatan internet. 

Jenis IP address 

Baik itu IP address WiFi maupun internet kabel, sejatinya angka identitas tersebut akan tetap sama jika berpusat pada satu modem dalam sebuah lingkungan. Hal tersebut pun berlaku untuk internet rumah maupun internet kantor. Meskipun begitu, ada dua jenis IP address yang secara otomatis terbagi saat sebuah perangkat terhubung ke internet. 

1. IPv4 

IPv4 merupakan jenis IP yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Hal tersebut didasari oleh kesederhanaan sistem yang ada dalam proses perancangannya. Panjang angka yang ada pada IPv4 adalah 32 bit dengan oktet yang terbagi oleh empat buah titik. 

Kisaran nilai alamat IP-nya mulai dari 0 hingga 255. IPv4 ini bisa Anda temukan sebagai konfigurasi IP address WiFi dan juga internet kabel. 

2. IPV6 

Ketika jenis alamat IP WiFi atau LAN sudah mulai banyak digunakan. Maka sistem internet memerlukan alternatif yang tidak hanya mengakomodasi tapi juga punya kapasitas yang lebih besar dalam menerima dan menyalurkan jaringan internet. Oleh karena itu, IPv6 hadir. 

Secara singkat, IPv6 merupakan sebuah pengembangan hasil dari IPv4 yang sudah mulai banyak penggunanya dan semakin terbatas. Versi terbaru ini punya sistem 128 bit, sedangkan versi sebelumnya hanya 32 bit. Selain itu, dalam perumusan angkanya, alamat IP WiFi atau LAN ini menggunakan angka dan huruf. 

Perumusan tersebut membantu proses routing internet jadi lebih baik. Selain itu, IPv6 juga menguntungkan bagi para penyedia layanan internet karena dapat mengoptimalisasi tabel routing yang ada. 

Cara Mengetahui IP Address WiFi 

Sebagaimana yang telah diinformasikan sebelumnya, bahwa saat ini mudah bagi Anda untuk mengetahui alamat IP. Anda hanya perlu membutuhkan komputer, laptop, hingga smartphone saja. Pastikan untuk terhubung dengan jaringan yang ingin Anda cek IP-nya, ya. 

1. Cek IP Melalui Laptop 

Anda yang menggunakan OS Windows hanya memerlukan beberapa langkah mudah dalam mengetahui alamat IP yang terhubung. Pertama, Anda bisa langsung klik ikon WiFi yang ada pada ujung kiri bawah taskbar

Setelah itu, klik tombol “properties”. Anda akan secara otomatis diantar menuju menu pengaturan komputer. Anda hanya perlu scroll layar hingga menemukan bagian “network channel”. Bagian tersebut berisi informasi terkait alamat IP yang Anda gunakan saat ini. 

2. Cek IP Melalui Smartphone 

Untuk Anda pengguna smartphone Android, proses mengetahui alamat IP bahkan jauh lebih mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan. Lalu pilih “About Phone” dalam menu tersebut. Masuk ke dalam menu status dan informasi mengenai baterai, jaringan, hingga bagian cek IP address WiFi bisa Anda temukan. 

Penting Diingat: Selalu Jaga Rahasia IP Address WiFi Anda!

Sebagai sebuah alamat atau poin utama agar bisa terhubung dengan internet, Anda perlu merahasiakan IP address WiFi dengan baik. Jangan sampai sembarang orang mengetahuinya. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar terhindar dari risiko kejahatan siber yang sangat merugikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.