• WhatsApp : +62 811 633 0092
Apa Bisa Pasang Wifi Tanpa Kabel di Rumah?

Apa Bisa Pasang Wifi Tanpa Kabel di Rumah?

Pemasangan WiFi dengan kabel sering kali rumit dan memakan ruang untuk penempatan kabel. Oleh sebab itu, pasang WiFi tanpa kabel menjadi solusi yang lebih efisien daripada pemasangan dengan kabel. 

Lalu, apakah Anda bisa melakukan pemasangan nirkabel pada WiFi di rumah Anda? Tentu saja bisa. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan WiFi nirkabel. Mari baca artikel di bawah ini untuk menambah wawasan Anda.

Apa Saja Cara Pasang WiFi Tanpa Kabel di Rumah?

Berikut metode-metode yang bisa Anda lakukan untuk mengakses internet menggunakan WiFi nirkabel. 

1. Menggunakan MiFi

MiFi atau Mobile WiFi adalah modem portable yang memudahkan Anda untuk mengakses internet. Tidak seperti modem konvensional yang memerlukan kabel LAN, MiFi bisa menyebarkan jaringan internet secara wireless.

Cara kerjanya mirip seperti fitur hotspot smartphone, yaitu menyebarkan data internet kepada perangkat-perangkat di sekitar MiFi. Bedanya, MiFi tidak akan mengganggu aktivitas atau menghabiskan baterai smartphone Anda.

Sebagai tambahan, MiFi menggunakan SIM card untuk mengisi paket internet. Saat ini, sudah banyak MiFi yang menawarkan akses jaringan 4G dengan harga terjangkau. Jadi, sebelum membeli MiFi, pastikan Anda telah memilih provider yang tepat untuk internet Anda.

2. Memanfaatkan Wireless Router

Alat WiFi tanpa kabel yang berikutnya adalah wireless router. Wireless router memiliki cara kerja yang sama dengan router yang terhubung dengan kabel. Hanya saja, router jenis ini memiliki sumber akses internet yang berbeda. 

Sumber wireless router berasal dari modem USB. Jadi, Anda akan memerlukan wireless router dan modem USB untuk mengakses internet nirkabel. Walaupun demikian, ada juga toko atau e-commerce yang menjual kedua perangkat ini secara sepasang. Maka, Anda bisa menghemat pengeluaran. 

Baca Juga: Internet Fiber Optic atau Wireless, Mana lebih Cepat?

3. Menggunakan Hotspot Smartphone

Umumnya, smartphone mempunyai fitur bawaan yaitu portable hotspot. Fitur ini berguna untuk berbagi jaringan data internet dengan perangkat lain. Anda tinggal mencarinya pada menu setting, lalu cari menu portable hotspot. Kemudian, nyalakan portable hotspot

Akan tetapi, berbagi jaringan internet dengan perangkat lain akan membuat smartphone Anda jadi cepat panas dan baterai akan lebih cepat habis. 

4. Gunakan Layanan Internet Cepat

Platform Internet Cepat juga menawarkan solusi untuk layanan Internet Rumah Wireless. Fasilitas ini menyediakan berbagai paket internet nirkabel yang bisa Anda nikmati sepuasnya tanpa dibatasi Fair Usage Policy (FUP). 

Terlebih lagi, kecepatan internet wireless dari platform ini sangat cepat, mulai dari 10 Mbps hingga 25 Mbps. Tentunya, akan membuat pengalaman internet Anda menjadi lebih nyaman. 

Apa Saja yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Pasang WiFi Tanpa Kabel di Rumah?

Setelah mengetahui metode untuk menggunakan WiFi nirkabel, Anda mungkin merasa harus segera menyiapkan perangkat tersebut. Tetapi, ada juga hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli perlengkapan WiFi. Berikut ulasannya. 

1. Perhitungkan Estimasi Penggunaan Internet

Yang pertama adalah memperhitungkan penggunaan internet. Hal ini akan berguna nantinya untuk memperhitungkan biaya serta paket internet yang ingin Anda beli.

Coba Anda hitung berapa kemungkinan penggunaan internet dalam satu waktu, misalnya media sosial, game, streaming atau keperluan lainnya. Perhitungkan juga berapa perangkat yang nanti akan terhubung dengan WiFi. 

2. Perhatikan Lokasi Pemasangan

Posisi router atau modem akan berpengaruh pada jangkauan sinyal WiFi tanpa kabel. Oleh karena itu, Anda harus meletakkan router pada tempat yang strategis, yaitu pada posisi tengah-tengah rumah dan terhindar dari objek pengganggu.

3. Pertimbangkan Alat-Alat Penunjang

Ada kalanya sinyal WiFi tidak begitu kuat sehingga Anda perlu menggunakan repeater atau extender untuk memperluas jangkauan sinyal. Meskipun perangkat ini bersifat opsional, Anda mungkin akan memerlukannya suatu saat. 

4. Perhitungkan Estimasi Biaya

Jangan lupa untuk melakukan pertimbangan harga WiFi tanpa kabel beserta perangkat pendukungnya. Jangan sampai terjadi pembengkakan biaya karena perhitungan keuangan yang ceroboh.

Sesuaikan perangkat WiFi dengan kebutuhan dan budget Anda. Misalnya, modem memiliki kisaran harga dari Rp500.000,00 hingga Rp1.000.000,00 tergantung pada kualitas dan merek. Selain itu, membeli perangkat tambahan seperti repeater juga akan menambah pengeluaran. 

5. Perhatikan Keamanan Jaringan

Yang terakhir adalah selalu jaga keamanan jaringan WiFi Anda. Sembunyikan SSID Anda dan buat kata sandi yang kuat agar tidak mudah diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Baca Juga: Apa itu Point to Point Wireless dan Jaringan? Ini dia Penjelasannya!

Ayo Pasang WiFi Tanpa Kabel dengan Internet Cepat!

Pasang WiFi tanpa kabel adalah jawaban yang tepat dalam instalasi internet rumah tanpa perlu memikirkan peletakan kabel. Dengan perangkat yang tepat serta pengaturan sistem yang benar, Anda bisa terhubung dengan koneksi internet yang cepat dan mudah.

Untuk pengalaman Internet yang lebih optimal, Internet Cepat menyediakan layanan terbaik dalam hal instalasi internet. Internet Cepat menawarkan teknis handal yang selalu sedia membantu Anda. Ditambah lagi, ada banyak paket internet yang menyesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan Anda selalu terhubung tanpa hambatan. Hubungi Internet Cepat sekarang untuk mendapatkan layanan internet terbaik! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *