• WhatsApp : +62 811 633 0092
Alasan dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Alasan dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Anda tentu tidak bisa menggunakan laptop secara maksimal jika tidak tersambung dengan internet. Akibatnya, Anda tidak dapat mengakses informasi penting atau hiburan menggunakan komputer jinjing tersebut. Lantas, apa yang menyebabkan laptop tidak bisa connect WiFi?

Artikel berikut akan membahas penyebab laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi serta cara mengatasinya. Yuk, simak supaya Anda tidak bingung jika menghadapi kendala tersebut.

Baca Juga: 13 Cara Mudah Mengatasi HP Tidak Bisa Connect WiFi

Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Saat komputer jinjing Anda tidak bisa terkoneksi dengan WiFi, jangan panik terlebih dahulu. Sebaiknya, cari tahu penyebabnya sebagai berikut.

1. WiFi Belum Aktif

Penyebab umum komputer jinjing tidak terhubung dengan WiFi adalah karena adapter yang belum diaktifkan. Oleh sebab itu, aktifkan adapter WiFi terlebih dahulu supaya Anda bisa menyambungkannya.

2. Driver Laptop Kadaluarsa

Laptop menggunakan drive supaya dapat menghubungkan WiFi. Namun, jika drive laptop Anda sudah kadaluarsa, tentu tidak bisa membaca sinyal WiFi. Inilah yang membuat laptop tidak bisa connect WiFi. Anda perlu update driver terlebih dahulu supaya laptop Anda dapat berfungsi dengan baik.

3. Driver Belum Terinstal

Penyebab lain yang memungkinkan laptop tidak dapat terhubung dengan WiFi adalah karena driver belum terinstal. Kasus ini biasa terjadi ketika Anda baru membeli laptop. Mengingat driver memegang peran krusial, maka silakan instal driver terlebih dahulu.

4. Salah Setting Network Connection

Jika Anda tidak bisa menghubungkan WiFi dengan laptop, coba periksa pengaturan network connection. Kesalahan dalam pengaturan ini juga seringkali menjadi penyebab laptop tidak bisa connect WiFi. Silakan ganti jika pengaturan network connection laptop Anda limited supaya Anda bisa menggunakan WiFi.

5. Mode Pesawat

Penyebab terakhir adalah laptop dalam mode pesawat. Mode ini memungkinkan Anda tetap bisa menggunakan laptop namun akan terputus dengan koneksi internet. Biasanya, jika mode pesawat ini aktif, Anda akan melihat logo pesawat pada taskbar. Silakan menonaktifkan mode tersebut agar bisa terhubung dengan WiFi.

Baca Juga: 5 Sebab Kenapa WiFi Tidak Bisa Tersambung Padahal Sandi Benar

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Setelah mengetahui lima penyebab laptop gagal terhubung dengan WiFi, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya sebagai berikut.

1. Restart Router WiFi

Jika Anda sudah memeriksa laptop dan tidak menemukan kesalahan, bisa jadi gangguan koneksi tersebut berasal dari router. Anda bisa coba untuk merestart router WiFi. Cara sederhana ini biasanya efektif untuk mengatasi masalah gangguan koneksi.

2. Restart Laptop

Solusi lainnya ketika menghadapi kendala WiFi tidak bisa terhubung adalah dengan merestart laptop Anda. Kondisi ini bisa jadi karena laptop Anda tidak dalam kondisi optimal ketika menyalakannya.

3. Periksa Jaringan WiFi

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi berikut adalah memeriksa jaringan WiFi. Silakan ikuti instruksi sederhana seperti di bawah ini.

  • Buka “System Tray” kemudian pilih ikon ‘Jaringan’.
  • Lanjut klik “Network & Internet Setting” kemudian klik opsi “Change Adapter Options”.
  • Untuk memunculkan opsi “Enable”, klik kanan pada “Adapter WiFi”.
  • Setelah klik opsi enable, biasanya WiFi dapat terkoneksi dengan laptop.

4. Forget Jaringan Wifi

Anda juga bisa mencoba untuk forget WiFi kemudian memasukkan ulang password WiFi tersebut. Caranya bisa Anda ikuti seperti berikut.

  • Buka “System Tray” dan klik kon ‘Jaringan’
  • Klik kanan opsi “WIFi” lanjutkan klik “Forget”
  • Sekarang, silakan sambungkan lagi dengan memasukkan password yang benar.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa WiFi Tidak Muncul di HP, Wajib Tahu!

Sudah Paham Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi?

Anda sekarang tentu tidak akan panik lagi karena sudah bisa mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi, kan? Supaya koneksi internet lancar dan anti drama, sebaiknya berlanggan dengan yang pasti-pasti saja seperti internetcepat.id

Penyedia layanan internet dengan koneksi ngebut ini mempunyai banyak produk seperti rumah fiber, rumah wireless, kantor fiber, kantor wireless, dictated fiber, dan dictated wireless

Biaya yang harus Anda bayar pun terjangkau. Hanya dengan Rp499 ribu, kecepatan internet yang Anda akan mencapai 10Mbps. Yuk, segera berlangganan agar bisa menikmati pengalaman internetan tanpa batas dan ngebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *