• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Mengatasi WiFi Lemot, Dijamin Langsung Lancar!

Cara Mengatasi WiFi Lemot, Dijamin Langsung Lancar!

Jaringan WiFi yang lemot kerap sekali dapat membuat Anda kesal dan panik sehingga mengganggu aktivitas bekerja maupun belajar dari rumah. Apabila Anda mengalami hal tersebut, banyak cara untuk mengatasi WiFi yang lemot untuk memperbaikinya agar bisa lancar kembali.

Penyebab WiFi Lemot

Sebelum membahas caranya, Anda mungkin bertanya-tanya kenapa WiFi bisa lemot? Apa aja sih penyebab WiFi lemot? Nah, berikut ini faktor-faktor yang membuat WiFi Anda lambat:

  • Posisi router yang salah seperti terhalang lemari atau dinding.
  • Jarak router dengan perangkat Anda terlalu jauh.
  • Router masih menggunakan teknologi lama.
  • Jarangnya reboot router WiFi.
  • Terlalu banyak bandwidth yang digunakan atau penggunaan aktivitas berat seperti video streaming, download file besar, dan bermain game online.
  • Router WiFi terletak di sekitar telepon nirkabel, speaker wireless, dan CCTV wireless.

Itulah beberapa faktor penyebab WiFi Anda lemot dan beroperasi kurang maksimal. Jika Anda sedang mencari cara untuk mengatasinya, simak artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi WiFi Lemot

Berikut adalah tips dan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi WiFi lemot, yaitu: 

1. Periksa Antena Router

Cara pertama, Anda bisa mengecek antena router terlebih dahulu. Pada dasarnya, antena pada router dapat mempengaruhi kualitas jaringan yang akan diterima dan disebarkan oleh router WiFi.

Posisi router yang baik ialah tegak lurus, khususnya untuk jenis router satu antena. Sedangkan untuk router dua antena bisa salah satunya menyamping dan satunya tetap tegak lurus. Pastikan posisi kedua antena tidak sama.

2. Pastikan Posisi Router Tepat

Cara berikutnya ialah memastikan posisi router sudah tepat dan benar. Kebanyakan orang sering memasang router di dekat colokan listrik dan di berbagai lokasi yang kurang tepat seperti lantai dan lain-lain. Padahal, lokasi router cukup penting untuk diperhatikan.

Lokasi yang baik untuk meletakkan posisi router yaitu di tengah ruangan yang jauh dari dinding maupun partisi yang berpotensi menghalangi sinyal.

3. Restart Router

Tidak ada salahnya untuk melakukan restart router jika mengalami masalah pada WiFi. Hal ini menjadi salah satu cara alternatif untuk mengatasi WiFi lemot. Anda bisa mematikan dan menyalakan ulang router agar mendapatkan jaringan yang lancar seperti semula setelah dinyalakan kembali.

4. Mengatur Setting DNS

Apabila restart router masih tidak berpengaruh, Anda sebaiknya mengatur kembali pengaturan DNS-nya. Cara ini dapat mengatasi WiFi lemot yang bisa digunakan terhadap perangkat komputer. Anda bisa mengubah peraturan DNS komputer melalui DNS Google untuk memperbaiki jaringan WiFi.

5. Mengatur Bandwidth

Cara berikutnya yaitu mengatur bandwidth, dengan monitoring penggunaan internet WiFi di rumah Anda. Anda dapat mengatur penggunaan dengan manajemen bandwidth ke frekuensi yang lebih besar agar bandwidth WiFi terbagi secara rata untuk setiap orang di rumah.

6. Cek Sistem Operasi Komputer

Jaringan WiFi lemot juga bisa disebabkan dari sistem-sistem komputer atau laptop Anda yang mungkin sedang mengalami suatu masalah. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu pengecekan sistem operasi secara berkala untuk mengatasi WiFi lemot.

Biasanya, masalah ini terjadi ketika Anda melakukan download yang menggunakan kapasitas bandwidth besar, banyak tab yang terbuka, sinkronisasi data cloud, dan sebagainya. Hal tersebut berpengaruh pada kekuatan jaringan internet Anda.

7. Upgrade Paket WiFi

Apabila WiFi Anda masih terasa lemot, mungkin cara mengatasi hal ini yaitu dengan meng-upgrade paket WiFi Anda. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan internet Anda agar sesuai dengan keperluan aktivitas di rumah. 

Anda dapat meningkatkan layanan paket WiFi untuk kecepatan download dan upload yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi WiFi yang lemot dan bermasalah yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan masalah WiFi Anda cepat teratasi. Apabila Anda masih kesulitan, segera hubungi teknisi yang tersedia di kota Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.