• WhatsApp : +62 811 633 0092
Cara Cek Kecepatan Internet pada Perangkat PC dan Handphone

Cara Cek Kecepatan Internet pada Perangkat PC dan Handphone

Apakah Anda sering mengalami internet HP atau PC lemot dan membuat pekerjaan menumpuk tidak dapat terselesaikan? Kalau sudah seperti ini pastinya merepotkan. Salah satu yang perlu Anda cari tahu adalah kecepatan internet yang terkoneksi ke perangkat tersebut. Namun, sudahkah Anda tahu cara cek kecepatan internet?

Dalam artikel ini akan membahas mengenai cara mengetahui kecepatan internet di PC maupun handphone. Simak terus sampai akhir karena barangkali akan bermanfaat untuk Anda.

Persiapan Sebelum Mengikuti Cara Cek Kecepatan Internet

Ada beberapa hal di bawah ini yang perlu Anda lakukan sebelum mengecek kecepatan internet. Coba perhatikan hal-hal ini.

1. Melakukan Restart Modem

Router atau modem adalah sebuah perangkat yang fungsinya menyalurkan koneksi internet melalui WiFi atau kabel LAN. Terkadang problem dari kecepatan internet adalah karena terlalu lama Anda gunakan tanpa berhenti. 

Untuk itu, cobalah melakukan restart modem Anda maka bisa jadi kecepatan koneksi internetnya bisa kembali normal.

2. Me-restart Gadget/Handphone

Untuk Anda yang memakai handphone untuk berselancar di dunia maya menggunakan internet, maka sebelum mengeceknya lakukan restart perangkat terlebih dahulu.  

Ketika handphone berada dalam kondisi yang kurang baik, pastinya akan mempengaruhi koneksi internet. Nah, tujuan restart sendiri adalah agar perangkat handphone jadi segar kembali.

3. Bersihkan Cache yang Ada di PC atau Handphone

Adanya cache di perangkat Anda berguna untuk memperlancar saat melakukan penelusuran internet. Akan tetapi jika jumlahnya terlalu banyak juga akan mengganggu koneksi internet Anda. Untuk mendapatkan kecepatan internet  yang bagus, Anda perlu secara berkala melakukan pembersihan cache.

4. Menutup Semua Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan

Salah satu yang mempengaruhi kecepatan internet Anda adalah karena ada aplikasi atau program-program tertentu yang sudah tidak Anda gunakan tapi tidak ditutup kembali. Tutuplah aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan agar bisa mendapatkan kecepatan internet yang bagus.

Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet di PC atau HP

Cara yang paling mudah untuk memeriksa kecepatan internet pada perangkat yang Anda gunakan adalah dengan memasang aplikasi yang ada di bawah ini:

1. Mengecek Lewat Internet Speed Meter Lite

Untuk Anda yang menggunakan handphone, maka salah satu cara cek internet WiFi adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Internet Speed Meter Lite. Aplikasi yang satu ini bisa membantu Anda memantau kecepatan internet secara up to date atau real time

Unduh dan pasanglah aplikasi ini di handphone Anda. Setelah itu Anda bisa langsung bisa mencoba cara cek kecepatan internet.

2. Menggunakan Speedtest.Net

Cara kedua yang bisa Anda pakai untuk mengukur kecepatan koneksi adalah dengan memanfaatkan aplikasi Speedtest.net. Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu mengunduhnya. 

Setelah selesai, Anda buka dan klik fitur “Go” dan otomatis akan dilakukan pengukuran oleh aplikasi ini. Tidak hanya yang berbentuk aplikasi, Anda juga bisa melakukannya lewat browser.

3. Memakai Situs Bandwidthplace.com

Selanjutnya ada bandwitdhplace.com yang bisa Anda gunakan tanpa mengunduh aplikasi. Anda cukup mengunjungi situs resminya lalu menggunakan fitur pengecekan dengan cara klik “Start”. 

Pada dasarnya, situs ini berguna untuk memilih lokasi keberadaan penggunanya dan juga mendeteksi jenis provider yang Anda gunakan.

Sudah Bisa Melakukan Cek Kecepatan Internet?

Itulah beberapa cara cek kecepatan internet  yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.