• WhatsApp : +62 811 633 0092
5 Penyebab Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form

5 Penyebab Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form

Banyak orang menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data, termasuk mengunggah file. Namun, terkadang file gagal terunggah. Jika mengalami hal tersebut, Anda perlu memahami penyebab kenapa tidak bisa upload file di Google Form. 

Selain memahami penyebabnya, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya. Nah, sebaiknya simak penjelasan di bawah ini untuk memahami informasi lengkap mengenai masalah pada Google Form tersebut!

Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form?

Gagal upload file di Google Form bukan sebuah masalah baru. Pasalnya, banyak pengguna yang mengalami peristiwa menjengkelkan tersebut. Sebagian besar kasusnya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Koneksi Internet Buruk atau Tidak Stabil

Google Form beroperasi secara online. Oleh karena itu, Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet Anda lemah atau tidak stabil, pengunggahan file bisa gagal, terutama jika file yang Anda unggah berukuran besar. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik, sebelum mencoba mengunggah file.

2. Format File Tidak Sesuai

Pembuat formulir di Google Form dapat menentukan format file yang dapat diunggah. Jika file Anda tidak sesuai dengan format tersebut, misalnya hanya menerima JPEG untuk foto, maka file tersebut tidak akan bisa terunggah. Oleh sebab itu, pastikan file Anda sesuai dengan format yang telah ditentukan.

3. Ukuran File Terlalu Besar

Google Form juga memungkinkan pembuat formulir untuk membatasi ukuran file yang dapat diunggah. Batasan ini bisa berkisar dari 1 MB hingga 10 GB. Jika file melebihi batas tersebut, Anda harus mengurangi ukuran file tersebut, sebelum mencoba mengunggahnya lagi.

4. Masalah pada File yang Diunggah

File yang rusak atau corrupt, tidak akan bisa diunggah ke Google Form. Kerusakan pada file bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti virus atau masalah saat menyimpan file. Pastikan file Anda dalam kondisi baik dan dapat terbuka sebelum mengunggahnya.

5. Masalah Teknis pada Google Form

Kadang-kadang, masalah teknis pada platform Google Form itu sendiri bisa menjadi penyebab kegagalan pengunggahan. Jika semua hal di atas sudah diperiksa dan masalah masih berlanjut, bisa jadi ada gangguan teknis dari pihak Google. Di dalam hal ini, menunggu beberapa waktu atau menghubungi dukungan Google bisa menjadi solusi.

Baca Juga: Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Drive? Coba 4 Solusi Ini!

Cara Mengatasi Gagal Upload File di Google Form

Kemudian, untuk mengatasi masalah unggah file di Google Form, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

1. Periksa koneksi internet dan pastikan stabil; gunakan WiFi dan restart perangkat, jika perlu.

2. Pastikan jenis dan ukuran file sesuai dengan yang ketentuan form. Bila perlu, tanyakan kepada pembuat formulir, jika ada keraguan.

3. Kompres file menggunakan aplikasi seperti RAR atau Zip, jika ukuran file terlalu besar.

4. Periksa dan pastikan file tidak rusak, sebelum Anda mengunggahnya.

5. Unggah file terlebih dahulu ke Google Drive, kemudian transfer dari Google Drive ke Google Form.

Baca Juga: 3 Manfaat Utama Google Suite bagi Perusahaan Anda Beserta Harganya

Upload File di Google Form Tanpa Gangguan, dengan Internet Andal

Berdasarkan penjelasan di atas, gagalnya proses upload file ke Google Form terjadi karena koneksi internet buruk, format file tidak sesuai, ukuran file terlalu besar, masalah pada file, serta masalah pada Google Form itu sendiri. 

Oleh karena salah satu alasan kenapa tidak bisa upload file di Google Form adalah masalah koneksi, Anda perlu menggunakan layanan internet yang andal. Kami sangat merekomendasikan layanan Internet Rumah Wireless dari InternetCepat.id.

Layanan internet rumah ini tidak bercampur dengan televisi, sehingga koneksinya jauh lebih stabil. Sangat cocok untuk kebutuhan internet sehari-hari, bekerja dari rumah, live streaming, maupun bermain game online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *